Berita
Oleh Aris Eko pada hari Sabtu, 07 Feb 2015 - 11:56:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Presiden Jokowi Ajak Proton Bikin Mobil Nasional

25Jokowi-Mahatir-Proton_1423277700280.jpg
Presiden Jokowi dan Mahatir Mohammad di Pabrik Proton, Shal Alam, Selangor, Malaysia. (Sumber foto : antaranews)

KUALA LUMPUR (TEROPONGSENAYAN)- Presiden Jokowi menyetujui Proton mengembangkan mobil nasional di Indonesia. Produsen mobil Malaysia ini disetujui menggandeng PT Adiperkasa Citra Lestari yang dipimpin AM Hendrpriyono, orang dekat Jokowi.

Kemarin, Presiden Jokowi dipameri produk produk mobil Iriz saat berkunjung ke pabrik Proton di Shah Alam, Selangor, Malaysia. Jokowi disambut dan didampingi Mahatir Muhammad, mantan PM Malaysia yang kini menjadi CEO Proton.

Saat di pabrik mobil nasional Malaysia itulah diteken kerjasama antara Proton dengan Adicitra. Penandatanganan disaksikan Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Untuk tahap awal kedua perusahaan akan melakukan kajian selama enam bulan.

Seperti dibertakan Bernama, Mahatir membidik pasar mobil Indonesia yang tergolong besar. Jika tahun lalu penjualan mobil di Indonesia mencapai 1 juta unit, Proton mengincar bisa menjual 4 juta unit per tahun dalam jangka panjang. Namun semua bergantung hasil studi kelayakan.

Selain itu Mahathir juga mengungkapkan langkah kerja sama ini sebagai jalan menuju menciptakan mobil ASEAN. "Kami bermaksud memanfaatkan kerja sama dengan Indonesia guna mewujudkan mobil ASEAN," ujar Mahathir. Guna merealisasikan ambisi ini, Proton ini akan menggandeng investor dari negara lain.(ris/b)

tag: #proton  #jokowi  #mahathir  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement