Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 06 Jul 2017 - 11:52:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Catat, Pemerintah akan Berusaha Turunkan Tarif Dasar Listrik

88tdl.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan akan berusaha untuk menurunkan tarif dasar listrik agar tak memberatkan pelanggan.

"Kalau bisa, kita sudah diskusi dengan PLN, bahkan di banyak golongan pelanggan itu tarifnya bisa turun. Kalau Anda tanya, pak nanti turunnya seberapa? Enggak tahu. Kita akan coba. Kita akan coba sebisa mungkin untuk turun," kata Ignasius, di Kantornya,di Jakarta, pada Kamis (6/7/2017).

Jonan menerangkan sektor industri membutuhkan daya saing luar biasa. Listrik, tegas dia, sebagai salah satu tonggak untuk meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia.

"Kan ini persaingan global makin lama makin ketat. Jadi kalau tarif listriknya itu bisa lebih terjangkau, maka untuk semua industri, atau semua kegiatan ekonomi itu bisa makin efisien," tutur mantan Menteri Perhubungan itu.

Ia menjelaskan TDL listrik industri untuk semua golongan jika dirata-ratakan sekitar Rp 1.100. Jonan mengatakan, pemerintah menargetkan pada 2020 TDL industri bisa sekitar Rp 800 hingga Rp 900.

"Terus bagaimana dengan golongan rumah tangga? Sama. Kami akan berusaha agar turun, sehingga semakin lama efisiensinya bsia dicapai," ujarnya.

Jonan memahami ini menjadi tantangan besar yang dihadapi. Pemeritah telah berbicara dengan PLN selaku operator dalam mengejar target-target tersebut.

"Tantangannya itu, satu, bahwa negosiasi terhadap penjualan listrik atau terhadap tariff listrik yang ditawarkan oleh semua perusahaan independent power plant, harus betul-betul sangat efisien. Jadi PLN sendiri dan Kementerian ESDM itu akan review semua investasinya. kita akan coba menjaga suatu harga yang fair, investasi yang fair, supaya ini tarif listriknya bisa makin lama, makin turun," tutur Jonan. (icl)

tag: #menteri-esdm  #pln  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement