Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 26 Jul 2017 - 15:10:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Wiranto Heran, HTI Sudah Bubar Tapi Masih Dibela

84wiranto.jpg
Menko Polhukam Wiranto (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, mengaku heran dengan sejumlah pihak yang membela Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Menurut Wiranto, pembelaan tersebut dinilai tidak kongkret.

"Dibubarkan kok masih dibela? Dibela katanya, tidak berperikemanusiaan, melanggar undang-undang dan sebagainya. Ya nggak apa-apa, tapi saya hanya heran, nggak kongkret," ujar Wiranto saat paparan dalam Rapat Koordinasi Pembekalam kepada Rektor, Ketua, Direktur dan Koordinator Kopertis Perguruan Tinggi dalam rangka bela negara di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2017).

Wiranto kembali menegaskan bahwa pembubaran HTI merujuk kepada aktivitasnya yang bertentangan dengan demokrasi, nasionalisme, dan NKRI. "Kemarin saya bubarkan HTI jelas-jelas karena pidatonya tidak cocok dengan demokrasi, tidak cocok dengan nasionalisme dan NKRI," lanjutnya.

Karena itu, ke depannya, Wiranto menegaskan kesadaran bela negara sangat penting bagi masyarakat Indonesia. "Ya kalau begini (kondisinya) bagaimana? Maka perlu ada kesadaran bela negara," tambah Wiranto.

Pada pekan lalu, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Dirjen AHU Kemenkumham), Freddy Harris, pada 19 Juli lalu telah mencabut Surat Keterangan (SK) Badan Hukum HTI. Pencabutan ini menindaklanjuti Perppu Nomor 2 tahun 2017 tentang Ormas.

HTI tercatat di Kemenkumham sebagai Badan Hukum Perkumpulan dengan nomor registrasi AHU-00282.60.10.2014 pada 2 Juli 2014. Saat mengajukan permohonan Badan Hukum Perkumpulan HTI melakukan secara elektronik melalui laman ahu.go.id. (plt/rep)

tag: #hizbut-tahrir-indonesia  #wiranto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...