Berita
Oleh agus eko cahyono pada hari Senin, 02 Mar 2015 - 13:57:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Kacaunya Harga Beras Akibat Raskin Diganti Duit

16rizal_ramli.jpg
Rizal Ramli (Sumber foto : eko hilman)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Hilangnya program beras untuk orang miskin (Raskin) menjadi penyebab naiknya harga beras di pasaran. Program penghapusan raskin ini merupakan kelanjutan dari pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Ini khan kemauan dari para ekonom konservatif dan para bankir untuk menggantinya dengan kartu bank di menjelang akhir pemerintahan SBY," kata mantan Menteri Perekonomian Rizal Ramli, dalam akun twitternya, Senin (02/03/2015).

Rizal mengakui gagasan mengganti raskin dengan BLSM melalui kartu bank merupakan langkah yang bagus, tapi tidak semuanya tepat. "Diatas kertas, ide bagus, karena raskin bermanfaat untuk 15,5 juta keluarga sangat miskin," jelasnya. Program raskin juga menjangkau sampai pelosok desa.

Di sisi lain, pengganti raskin berupa kartu bank yang di dalamnya terhada uang tunai. Sayangnya program itu tidak sampai desa sehingga keberadaannya kurang efektif dan justru merepotkan juga.

"Sewlana ini raskin sangat effektif karena dibagi langsung oleh kepala dukuh kepada keluarga miskin dan jompo. Saya tahu setidaknya di lima kota program raskin ini dimanipulasi," tuturnya.

Rizal tak membantah ada kelemahan dalam program raskin itu sehingga perlu diperbaiki terus menerus. Tapi perbaiki itu mestinya bukan menghapus program Raskin," ucapnya.

Penghapusan raskin sama saja menunjukkan bahwa pemerintah tidak pro rakyat miskin. "Penghapusan Raskin itu keblinger karana Rp5,5 juta keluarga miskin tidak bisa beli beras pada harga pasar."

Dia menyarankan dilakukan pembenahan tatakelola beras. "Sistem distribusi beras Operasi Pasar (OP) Bulog ke Pasar Induk tertutup. Pedagang OP naikkan harga beras OP Rp500/minggu selama 8 minggu," imbuhnya. (ec)

tag: #raskin  #diganti uang  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement