Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 21 Sep 2017 - 06:20:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Begini Cara Umat Islam Sambut Tahun Baru Hijriah

58surabayabersholawat.jpg
Puluhan ribu Umat Islam mengikuti 'Surabaya Berselawat', di Surabaya, Rabu (20/9/2017) malam (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Umat Muslim di Indonesia antusias menyambut Tahun Baru 1439 Hijriah. Beraneka kegiatan dilakukan, dari pawai taaruf hingga Sholawat berjamaah.

Di Surabaya, ribuan umat Islam menghadiri kegiatan "Surabaya Berselawat" menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah yang digelar di depan Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan, Surabaya, Rabu (20/9/2017) malam.

"Acara ini sudah rutin kami gelar setiap malam 1 Muharram sejak lima tahun yang lalu," ujar panitia "Surabaya Berselawat" Ahmad bin Muhammad Aljufri ketika ditemui di sela kegiatan.

Dia mengatakan sejak pertama kali kegiatan ini digelar para peserta langsung membentuk jaringan sehingga setiap tahun jamaah yang hadir semakin banyak.

"Ini yang hadir tak hanya umat Islam dari dalam Kota Surabaya, tapi juga dari berbagai kota seluruh wilayah Indonesia," katanya.

Ahmad mengatakan lima kali kegiatan "Surabaya Berselawat" seluruhnya berlangsung di kawasan Tugu Pahlawan Surabaya.

Di Kota Jambi, santri dari Pondok Pesantren Saadatuddaren dan Al-Mubarak serta masyarakat Tahtul Yaman memperingati 1 Muharam 1439 Hijriah di halaman ponpes Kelurahan Tahtul Yaman, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi, Rabu (20/9/2017) malam.

Acaranya diisi dengan membaca surah yasin, zikir, dan doa bersama, dilanjutkan dengan tausiyah agama, penceramahnya Ustad Ahmad Khudri, Ustad Ahmad Mubassir, keduanya merupakan alumni Universitas Kota Tahrim Hadramaut Yaman.

Pimpinan Ponpes Saadatuddaren, KH M Daud, mengatakan dengan memperingati 1 Muharam 1439 H, sebagai tahun baru Islam yang harus dijadikan sebagai sarana untuk pemersatu umat. Kegiatan ini bukan sekadar peringatan, tetapi merupakan syiar Islam yang harus digelorakan keutamaannya kepada masyarakat khususnya para santri yang merupakan generasi Islam selanjutnya.

Acara dimulai dengan shalat Azhar berjamaah kemudian dilanjutkan membaca doa akhir tahun, dan zikir bersama, dilanjutkan dengan membaca doa akhir tahun dan pawai obor setelah melaksanakan shalat Maghrib.

Adapun puncak acara tersebut adalah setelah melaksanakan shalat Isya yakni membaca surah yasin, zikir dan doa bersama, dilanjutkan tausiyah agama, penceramahnya Ustad Ahmad Khudri dan Ustad Ahmad Mubassi.

Dalam tausiyahnya mengatakan bahwa malam ini untuk mengagungkan syiar Allah, dan mengenang sejarah perjuangan hijrah rasulullah dari Kota Mekkah ke Madinah.

Sementara itu di Indramayu, ribuan umat Islam setempat secara serentak menggelar Pawai Taaruf dalam rangka menyambut datangnya tahun baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriyah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu Ahmad Bahtiar di Indramayu, Rabu (20/9/2017), mengharapkan umat Islam bisa menyambut datangya tahun baru Islam dengan suka cita.

"Indramayu mempunyai visi religius, maju, mandiri dan sejahtera, pada kesempatan ini semakin menggaungkan visi tersebut," katanya.

Pelepasan Pawai Taaruf ini dilakukan Sekda di halaman Pendopo Indramayu, dimana pawai ini diikuti oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Pelajar SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, Mahasiswa, Organisasi Masyarakat, Pengurus DKM dan Majelis Talim serta peserta lainnya.

Sekda melepas secara langsung pawai yang diawali oleh kontingan pelajar Indramayu dan diikuti oleh peserta lainnya. Pada pawai tersebut, kontingan membawa spanduk yang menjadi ciri identitas lembaganya dan membawa alat-alat kesenian yang bernuansa Islami.(plt/ant)

tag: #umat-muslim  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...