Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Selasa, 10 Mar 2015 - 22:29:36 WIB
Bagikan Berita ini :
Sosialisasi 4 Pilar

Legislator Asal Hanura Ini Ingatkan Pentingnya Pancasila

67Farid Al Fauzi (hatim).jpg
Farid Alfauzi (Sumber foto : Ahmad Hatim Benarfa/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Di tengah pengaruh besar globalisasi yang begitu kuat, Pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara sangat penting ditanamkan kepada masyarakat dalam rangka menguatkan kebudayaan lokal.

Hal itu disampaikan Anggota DPR RI Fraksi Partai Hanura Farid Alfauzi saat acara sosialisasi empat pilar kebangsaan di hadapan masyarakat dan santri di pondok pesantren Al-Qoyyumy, Guluk-guluk, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (9/3/2015).

Farid mengatakan, ‎ajaran yang terkandung dalam Pancasila memiliki relevansi dengan kebudayaan masyarakat Madura yang berbasis Islam dan nilai-nilai lokal.

"Sehingga, empat pilar berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, NKRI, UUD 45 dan Bhinneka Tunggal Ika dapat menguatkan masyarakat Madura untuk tetap menjaga local wisdoms ditengah desakan pengaruh budaya luar yang begitu kuat," paparnya.

Islam sebagai agama yang dianut mayoritas masyarakat Madura, ucap Farid, menganjurkan terjaganya tatanan sosial dengan perilaku akhlakul karimah. Sebenarnya, lanjutnya, nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran agama Islam memiliki spirit yang sama luhurnya dengan Pancasila.

"Lima sila dalam Pancasila yaitu Ketuhanan yang maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dapat menjadi tuntunan bagi terjaganya keadaban sosial masyarakat yang akhlakul karimah," tutur wakil ketua Komisi VI DPR RI itu.(yn)

tag: #Farid Alfauzi  #Empat Pilar  #Parlemen  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...