Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 20 Okt 2017 - 06:59:42 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Pertanyakan Menteri Susi Soal Dana dari Perusahaan Jepang

72(KabinetKerja)SusiIII.jpg
Susi Pudjiastuti (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi IV DPR Sudin, mempertanyakan kabar rencana Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang akan meminjam uang sebanyak 400 juta US dollar kepada salah satu perusahaan asal Jepang.

Menurutnya, perihal informasi tersebut ia dapatkan dari internal KKP sendiri. Ia pun mengingatkan KKP untuk tetap berpegang teguh pada UU No.17/2003. Dalam UU tersebut, masalah peminjaman harus mendapat persetujuan DPR.

“Kami mohon kepada Ibu Menteri untuk mengklarifikasi masalah ini," kata Sudin dalam Raker di ruang Komisi IV bersama Menteri Menteri Kelautan Perikanan Susi Pudjiastuti Kamis (19/10/2017).

Di tempat yang sama, pimpinan rapat Edi Prabowo mengatakan bahwa boleh saja KKP dana dari pihak lain. Hanya saja, ia melanjutkan, perlu ditegaskan model pendanaan tersebut dalam bentuk seperti apa.

"Siapa yang tidak senang sebab hibah itu dikasih, tapi harus tahu dulu apa maksudnya, jangan sampai karena hibah nanti kita malah jadi didikte bangsa lain", tutur Edi Prabowo dalam raker tersebut.

Sementara itu Anggota Komisi IV DPR lainnya yakni, Ono Suroni mengatakan, jika hibah masih bisa diterima apalagi jika diperuntukan untuk daerah daerah terluar dan sentra kelautan perikanan terpadu.

"Tetapi bila pinjaman itu untuk pembangunan kapal perikanan tidaklah baik karena pengadaan kapal oleh KKP melalui APBN pun banyak masalah dan berujung temuan BPK. Lalu bila akan dipergunakan untuk kapal markas, pernah pula rencana itu ditolak oleh komisi 4 DPR RI," tegasnya. (icl)

tag: #kementeri-kelautan-dan-perikanan  #komisi-iv-dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...