TSJateng
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 14 Nov 2017 - 18:31:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Sudirman Said : Pemimpin Itu Pabrik, Bukan Gudang

5320171114_182620.jpg
Ketua Institut Harkat Negeri (IHN), Sudirman Said saat menjadi pembicara tunggal dalam seminar tematik bertajuk Peran Mahasiswa Dalam Upaya Penguatan Integritas Bangsa, Selasa (14/11/2017) di Kampus Politeknik Semarang (Polines) (Sumber foto : Istimewa )

SEMARANG (TEROPONGSENAYAN)--Pemimpin bisa diibaratkan seperti pabrik, bukan gudang. Pabrik menghasilkan sesuatu. Memberi nilai tambah pada benda dan barang. Sementara gudang fungsinya hanya menyimpan, tidak mengubahnya.

"Balok masuk pabrik keluar jadi meja, kursi, dan barang-barang lain. Sementara balok masuk gudang keluar tetap sebagai balok," kata Ketua Institut Harkat Negeri (IHN), Sudirman Said saat menjadi pembicara tunggal dalam seminar tematik bertajuk Peran Mahasiswa Dalam Upaya Penguatan Integritas Bangsa, Selasa (14/11/2017) di Kampus Politeknik Semarang (Polines).

Pencapaian tertinggi seorang pemimpin, menurut Sudirman, adalah ketika berhasil menghela perubahan ke arah yang lebih baik. Memberikan nilai tambah yang bermanfaat bagi masyarakat yang dipimpinnya.

Sudirman menjelaskan, para pemimpin zaman dahulu ketika berpolitik diniatkan untuk memberi. Berkontribusi untuk kemajuan bangsa.

"Kalau sekarang berpolitik untuk berebut. Berebut kekuasaan bukan untuk kepentingan masyarakat banyak, tetapi untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya,. Padahal politisi sekarang sudah difasilitasi, sudah dicukupi. Tapi masih saja cari-cari celah untuk memperkaya diri," imbuh Sudirman.

Dalam pandangan Sudirman, pemimpin itu soal perilaku. Bukan karena jabatan atau kedudukan lantas disebut pemimpin. "Kalau karena jabatan dan kedudukan itu namanya pimpinan, bukan pemimpin," ujar dia lagi.

Perilaku pemimpin yang utama dimiliki adalah integritas. Seorang pemimpin harus memiliki integritas yang tinggi. "Tanpa integritas pemimpin itu bukan apa-apa, nothing," tandas dia.

Selain integritas, pemimpin harus memiliki kompetensi. Memiliki kemampuan, keahlian, dan pemahaman terhadap organisasi dan kerja. Dengan kompetensi, seorang pemimpin dapat mengambil keputusan dengan benar.

Kepada ratusan mahasiswa yang datang dari berbagai perguruan tinggi di Semarang, Sudirman berpesan agar menjaga integritas, melatih kompetensi, dan memperluas jaringan agar kelak siap menjadi pemimpin masa depan.(dia)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSJateng Lainnya
TSJateng

Presiden PKS Kaget Timses Cagub Sudirman Said Ditodong

Oleh Enjang Sofyan
pada hari Selasa, 03 Jul 2018
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden PKS mengaku kaget saat mengetahui salah satu tim sukses (Timses) calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said-da Fauziyah ditodong orang tak dikenal. "Kaget ...
TSJateng

Sudirman Said Kalah Versi Hitung Cepat, Sohibul: Saya Bangga

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden PKS Sohibul Iman mengapresiasi upaya pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur, Sudirman Said-Ida Fauziah di Pilkada Jawa Tengah, Rabu (27/6/2018) ...