Opini
Oleh Ariady Achmad pada hari Kamis, 30 Nov 2017 - 17:42:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi-Golkar, Golkar-Jokowi

92IMG-20171123-WA0002.jpg
Kolom bersama Ariady Achmad (Sumber foto : Ilustrasi oleh Kuat Santoso )

Golkar mendukung Jokowi. Jokowi menerima Golkar.

Hubungan Partai Golkar dengan Presiden Jokowi tergolong menarik dan unik. Bahkan bisa dikatakan menorehkan sejarah baru dalam langit politik di Indonesia. Mengapa?

Jokowi yang bukan kader didukung Partai Golkar yang sebelumnya adalah lawan dalam Pilpres 2014. Selanjutnya, Jokowi yang merupakan kader PDI-P, menerima dengan hangat dukungan Partai Golkar.

Apakah salah? Jelas tidak. Apakah sah? Jelas sah. Sekali lagi ini membuktikan bahwa dalil politik tidak ada lawan atau kawan abadi sebab dalam politik yang abadi adalah kepentingan, benar adanya.

Meski sempat basa-basi ragu dan ingin bukti keseriusan dukungan yang diberikan, dalam perkembangannya hubungan Jokowi dengan Partai Golkar semakin hangat dan istilah Kids zaman now adalah TTM atau teman tapi mesra. Menarik bukan?

Partai Golkar adalah satu-satunya partai politik yang terang-terangan secara terbuka menjadikan Jokowi sebagai Calon Presiden pada 2019. Bahkan mendahului PDI-P maupun parpol pendukung pemerintah saat ini.

Namun, namanya juga politik, semuanya tidak terlepas dari soal 'obligasi'. Tentu obligasi politik. Partai Golkar memilih jurus 'sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui'. Sebab, mendukung Jokowi, bukan hanya menikmati kekuasaan, namun juga sekaligus mendongkrak elektabilitas dan popularitas.

Penerimaan Jokowi atas dukungan Partai Golkar rasanya bukan tanpa perhitungan obligasi politik. Sebab, Jokowi berkepentingan baju putihnya tetap bersih dan bersinar. Meski pohon beringin terus menerus diterpa angin puting beliung yang seringkali memercikan debu dan kotoran.

Sulit untuk tidak mengatakan Jokowi sangat berkepentingan dengan 91 kursi anggota DPR RI DARI Fraksi Partai Golkar. Sebab nilai sekitar 14,2 % kursi Fraksi Partai Golkar dalam DPR RI betapapun memiliki peran penting dalam membangun hubungan kekuatan eksekutif terhadap legislatif. Obligasi politik ini penting bagi Jokowi.

Pada relasi atau hubungan seperti ini pula obligasi politik antara Jokowi dengan Partai Golkar saling berkaitan. Tak terkecuali saat Partai Golkar bergejolak yang berujung pada terjadinya perubahan kepemimpinan. Golkar menemui Jokowi. Jokowi menerima Golkar.

Menguatnya sosok Airlangga Hartarto tidak lepas dari hubungan tersebut. Setidaknya, Airlangga Hartarto minta izin kepada Jokowi untuk maju memperebutkan kursi Ketua Umum DPP Partai Golkar. Jelas ada obligasi 'simbiotik mutualisme' antara Jokowi dengan Partai Golkar yang diwakili oleh Airlangga Hartarto.

Bagi internal Partai Golkar tampilnya sosok Airlangga Hartarto adalah tanda eksis dan menguatnya kembali faksi Jusuf Kalla (JK). Hal yang kontras dengan yang terjadi pada Munaslub di Bali pada 2016. Ketika ajang di Bali itu Luhut Binsar Panjaitan-LBP (yang hadir sejak awal hingga selesai Munaslub) begitu sangat kuat pengaruhnya.

Namun, bukan berarti LBP tutup buku pengaruhnya. Sebab, jika Airlangga Hartarto menjadi Ketua Umum, mulai muncul nama Nusron Wahid, selain Ibnu Munzir sebagai calon Sekretaris Jenderal (Sekjen). Nusron sering disebut sebagai representasi LBP. Sedang Ibnu Munzir bagian faksi atau gerbong JK.

Hanya saja, permainan masih saja bisa berubah jika Munaslub benar-benar terlaksana di Solo. Sebab hal ini akan menjadi tanda menguatnya peran-peran politik dari Para pimpinan DPD I bisa terbuka luas.

DPD I Partai Golkar Jawa Barat dan Jawa Tengah selama ini menjadi motor digelarnya Munaslub. Dedi terkenal konsisten untuk menjaga agar elektabilitas dan popularitas Partai Golkar tak jeblok. Sedang Wisnu, politisi senior yang memiliki relasi yang baik dengan Jokowi.

Bagaimana Idrus Marham? Sebagai politisi yang mumpuni, Idrus sangat paham apa yang harus dia perbuat, pilih dan lakukan. Saat ini, Idrus memang lebih fokus menjalankan tugas sebagai Plt Ketua Umum DPP Partai Golkar akibat Setya Novanto harus ditahan oleh KPK.(*)

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #ariadyachmad  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Opini Lainnya
Opini

In Prabowo We Trust" dan Nasib Bangsa Ke Depan

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya kemarin di acara berbuka puasa bersama, "Partai Demokrat bersama Presiden Terpilih", tanpa Gibran hadir, kemarin, ...
Opini

MK Segera saja Bertaubat, Bela Rakyat atau Bubar jalan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) segera bertaubat. Mumpung ini bulan Ramadhan. Segera mensucikan diri dari putusan-putusan nya yang menciderai keadilan masyarakat.  Di ...