Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 04 Jan 2018 - 05:47:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Dinkes Tetapkan Balikpapan KLB Difteri

28difterilagiya.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

BALIKPAPAN (TEROPONGSENAYAN) - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk virus difteri.

Hal ini berdasarkan surat edearan Walikota yang disampaikan ke warga Balikpapan, karena satu warga usia 15 tahun tinggal di Kelurahan Marga Sari RT 10 Kecamatan Balikpapan Barat Positif Difetri, Rabu (3/1/2017).

Pasien sudah dirawat selama 10 hari di Ruang Isolasi RSKD. Dari hasil Lab salah satu rumah sakit di Surabaya bahwa pasien dinyatakan positif difteri.

Dalam konfrensi pers di Pemkot Balikpapan, Balerina JPP Kepala DKK Balikpapan mengatakan, mulai tanggal 2 Januari 2018 Balikpapan dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri.

"Ini sebenarnya kami sudah siaga sejak dua bulan yang lalu. Kewaspadaan dini sudah kami siapkan, karena Balikpapan ini merupakan pintu Gerbang. Kewaspadaan dini kita sudah lakukan ke Puskesmas," kata Balerina.

Balernia mengatakan, kemudian informasi selalu diberikan kepada Masyarakat untuk selalu melakukan vaksin difetri.

"Kita tahu bersama Surabaya, Jakarta, dan Tanggerang sudah KLB Difetri," katanya.

Dengan kejadian luar biasa ini Balikpapan akan mengambil langkah pertama memberikan vaksin serentak didaerah pasien yang tertular.

"Vaksinisasi kami lalukan pertama nanti di Kelurahan Barat. Vaksinisasi serempak dilakukan didaerah tertular. Karena pasien sudah dirawat ditanggal 22 Dsember 2017. Saat ini sudah pulang dan dinyatakan sehat," katanya.

Kalau pun kultur positif dan sudah diisolasi dinyatakan sehat, pasien tetap dipantau kesehatannya.

"Pasien ini melakukan vaksin tapi tidak sempurna, jadi dapatnya hanya di sekolahan. Dengan adanya kasus ini mari kita semua bersatu padu menyampaikan ke masyarakat betapa pentingnya imunisasi. Karena difeteri ini fatal dan bisa menyebabkan kematian. Tapi sebenarnya bisa dicegah dengan imunisasi," ungkapnya. (icl)

tag: #imunisasi  #wabah-difteri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...