Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 29 Jan 2018 - 21:18:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Panen Raya Padi, Zulkifli: Bila Perlu Kita Ekspor Beras

83padi.jpg
Ilustrasi Panen Raya (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengatakan panen raya padi yang terjadi di sejumlah daerah saat ini cukup untuk diekspor ke luar negeri.

“Hari ini kita tanya langsung ke petani, harga gabah dulu Rp 5.500 per kilogram sekarang Rp 4.200. Jadi petani tolak impor beras, bila perlu kita ekspor beras,” demikian tegas Zulkifli Hasan di lokasi panen padi 2.238 hektar di Desa Upang Marga, Kecamatan Air saleh, Kabupaten Banyuasin, Senin (29/1/2018).

Hadir pada acara tersebut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, Kepala KSP Moeldoko, Pangdam II Sriwijaya, Mayor Jenderal TNI Anto Mukti, Wakasad TNI-AD Letjen Tatang Sulaiman, dan Aster KASAD Mayjen Supartodi, Komisi IV DPR RI Firman Subagyo, Komite II DPD RI.

Selain itu, hadir pula Kabareskrim Ari Dono Sukmanto, Satgas Pangan, Ketua KPPU Syarkawi Rauf, Bupati Banyuasin, Supriyono, Direktur Bulog dan 1.100 petani.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan Erwin Noor Wibowo Erwin menjelaskan Sumsel merupakan lumbung beras nasional dan 2017 surplus 2.3 juta ton. Tercatat, produksi padi berupa gabah kering di bulan Januari 2018 ini dipastikan naik. Alasannya cuaca pada saat tanam yakni bulan September 2017 cukup baik, sehingga produktivitas yang diperoleh mencapai 5,5 hingga 7 ton per ha.

“Soal harga gabah, saat ini sudah turun. Harga gabah kering panen di petani sebelumnya Rp. 5.500 kini menjadi Rp 4.200 per kilogram. Artinya harga anjlok Rp 1.300. Para petani di sini menolak impor” jelasnya.

“Namun ironi, isu impor dan masuk panen raya harga gabah sudah anjlok drastis. Untuk itu, kami berharap Bulog serap beras petani, agar harga tidak jatuh lebih rendah lagi,” sambungnya. (icl)

tag: #harga-pangan  #impor-beras  #impor-pangan  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...