Berita

Panen Raya Padi, Zulkifli: Bila Perlu Kita Ekspor Beras

Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 29 Jan 2018 - 21:18:02 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

83padi.jpg

Ilustrasi Panen Raya (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengatakan panen raya padi yang terjadi di sejumlah daerah saat ini cukup untuk diekspor ke luar negeri.

“Hari ini kita tanya langsung ke petani, harga gabah dulu Rp 5.500 per kilogram sekarang Rp 4.200. Jadi petani tolak impor beras, bila perlu kita ekspor beras,” demikian tegas Zulkifli Hasan di lokasi panen padi 2.238 hektar di Desa Upang Marga, Kecamatan Air saleh, Kabupaten Banyuasin, Senin (29/1/2018).

Hadir pada acara tersebut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo, Kepala KSP Moeldoko, Pangdam II Sriwijaya, Mayor Jenderal TNI Anto Mukti, Wakasad TNI-AD Letjen Tatang Sulaiman, dan Aster KASAD Mayjen Supartodi, Komisi IV DPR RI Firman Subagyo, Komite II DPD RI.

Selain itu, hadir pula Kabareskrim Ari Dono Sukmanto, Satgas Pangan, Ketua KPPU Syarkawi Rauf, Bupati Banyuasin, Supriyono, Direktur Bulog dan 1.100 petani.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan Erwin Noor Wibowo Erwin menjelaskan Sumsel merupakan lumbung beras nasional dan 2017 surplus 2.3 juta ton. Tercatat, produksi padi berupa gabah kering di bulan Januari 2018 ini dipastikan naik. Alasannya cuaca pada saat tanam yakni bulan September 2017 cukup baik, sehingga produktivitas yang diperoleh mencapai 5,5 hingga 7 ton per ha.

“Soal harga gabah, saat ini sudah turun. Harga gabah kering panen di petani sebelumnya Rp. 5.500 kini menjadi Rp 4.200 per kilogram. Artinya harga anjlok Rp 1.300. Para petani di sini menolak impor” jelasnya.

“Namun ironi, isu impor dan masuk panen raya harga gabah sudah anjlok drastis. Untuk itu, kami berharap Bulog serap beras petani, agar harga tidak jatuh lebih rendah lagi,” sambungnya. (icl)

tag: #harga-pangan  #impor-beras  #impor-pangan  #mpr  

Bagikan Berita ini :