Bisnis
Oleh Aliyudin pada hari Sabtu, 04 Apr 2015 - 09:23:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah Pasang Target 4 Juta Transmigran dalam Lima Tahun

21Marwan Jafar.jpg
Menteri Desa, Daerah Pembangunan Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar (Sumber foto : teropongsenayan.com)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Program Transmigrasi dianggap mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat dan menciptakan desa-desa baru di Indonesia. Bahkan, hasil dari program transmigrasi berhasil menciptakan dua provinsi baru yakni, Kalimantan Utara dan Sulawesi Barat

Melihat kisah sukses seperti itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar menargetkan menempatkan empat juta transmigran dalam lima tahun ke depan.

"Diharapkan kepada para Gubernur dan Bupati/Walikota daerah asal transmigran yang mempunyai potensi pemindahan dan penempatan transmigran untuk melakukan langkah-langkah pro-aktif guna menggugah kesadaran dan mendorong masyarakat bertransmigrasi," ujar Menteri Marwan melalui keterangan resmi yang diterima TeropongSenayan di Jakarta, Sabtu (4/4/2015).

Upaya promosi dari pemerintah daerah, menurut Menteri Marwan menjadi langkah strategis karena sejak awal masa reformasi hingga saat ini program penempatan transmigrasi semakin meredup.
"Walaupun diyakini minat masyarakat bertransmigrasi masih sangat besar seiring semakin sulitnya mendapatkan akses terhadap lahan pertanian," tandasnya.

Selain itu, imbuh Menteri Marwan, pimpinan daerah kabupaten tujuan transmigrasi diharapkan dapat mendukung dalam penyiapan lahannya.

"Penyiapan lahan yang sesuai dengan kriteria 29 dan 4 L. Yaitu Clear dan Clean, serta layak huni, layak usaha, layak berkembang, layak lingkungan," imbuhnya.

Dalam rangka melakukan percepatan pembangunan daerah tertinggal khususnya desa yang berada di perbatasan, program transmigrasi bisa menjadi solusi.

"Dengan adanya program transmigrasi di beberapa daerah tertinggal dan perbatasan bisa membantu meningkatkan infrastruktur sarana dan prasarana dasar kesehatan, pendidikan, air bersih, dan istrik di 70 – 80 Daerah Tertinggal dari 122 Kabupaten sasaran RPJMN 2015-2019," ujarnya. (al)

tag: #Menteri Desa  #Marwan Jafar  #Transmigrasi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement