Berita
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 10 Mar 2018 - 11:18:07 WIB
Bagikan Berita ini :

PDIP Akui Mahfud Masuk Bursa Cawapres Jokowi

12jokowi-mahfud.jpg
Presiden Joko Widodo dan Mahfud MD (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Sejumlah nama dijagokan untuk menjadi calon wakil presiden (Cawapres) Joko Widodo di Pilpres 2019 nanti. Ketua DPP PDIP Komarudin Watubun mengakui, nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD masuk bidikan partainya sebagai kandidat Cawapres Jokowi.

"Politik itu kan bicara kemungkinan. Ada Gatot (Nurmantyo), AHY juga bisa masuk nama-nama itu. Bisa Mahfud MD, Moeldoko, Tito Karnavian, Budi Gunawan. Itu kan tokoh-tokoh yang disebutkan sekarang," kata Komarudin saat dikonfirmasi, Jumat (9/3/2018).

Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP ini menyebutkan, ada sekitar 20 nama bakal Cawapres yang diprediksi mendampingi Joko Widodo di Pemilu 2019.

"Nama-nama yang dijaring ada dari TNI, Polri, politisi, profesional, saya kira semua itu mewakili," urai dia.

Nama-nama tersebut, ucapnya, merupakan daftar panjang (long list) dari tim penjaringan yang telah dibentuk Jokowi. Selain long list, nantinya ada pula daftar pendek (short list) hingga daftar prioritas (priorty list).


Komarudin menandaskan, wakil yang mendampingi Jokowi bakal menentukan pemerintahan di 2024. Meski tidak otomatis terpilih menjadi presiden, namun peluang itu disebut tetap terbuka.

"Kalau wakil-wakil dari segi semangat dan segi usia atau kapasitas dalam menjawab kedepannya itu bisa menjadi pertimbangan. Supaya pembangunan nasional bisa berkelanjutan, regenerasi bangsa bisa diwujudkan dalam kepemimpinan Pak Jokowi," katanya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya disebut-sebut memiliki tim internal untuk menjaring calon wakil presiden yang bakal mendampinginya dalam proses Pilpres 2019.

Sekjen PPP Arsul Sani mengungkapkan tim itu terdiri dari para tokoh independen yang ditunjuk langsung oleh Jokowi.

"Hal yang saya tahu tim internalnya Pak Jokowi untuk jaring cawapres itu tokoh independen," ujar Arsul di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (8/3/2018).(yn)

tag: #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...