Berita
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 10 Mar 2018 - 11:18:07 WIB
Bagikan Berita ini :

PDIP Akui Mahfud Masuk Bursa Cawapres Jokowi

12jokowi-mahfud.jpg
Presiden Joko Widodo dan Mahfud MD (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Sejumlah nama dijagokan untuk menjadi calon wakil presiden (Cawapres) Joko Widodo di Pilpres 2019 nanti. Ketua DPP PDIP Komarudin Watubun mengakui, nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD masuk bidikan partainya sebagai kandidat Cawapres Jokowi.

"Politik itu kan bicara kemungkinan. Ada Gatot (Nurmantyo), AHY juga bisa masuk nama-nama itu. Bisa Mahfud MD, Moeldoko, Tito Karnavian, Budi Gunawan. Itu kan tokoh-tokoh yang disebutkan sekarang," kata Komarudin saat dikonfirmasi, Jumat (9/3/2018).

Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP ini menyebutkan, ada sekitar 20 nama bakal Cawapres yang diprediksi mendampingi Joko Widodo di Pemilu 2019.

"Nama-nama yang dijaring ada dari TNI, Polri, politisi, profesional, saya kira semua itu mewakili," urai dia.

Nama-nama tersebut, ucapnya, merupakan daftar panjang (long list) dari tim penjaringan yang telah dibentuk Jokowi. Selain long list, nantinya ada pula daftar pendek (short list) hingga daftar prioritas (priorty list).


Komarudin menandaskan, wakil yang mendampingi Jokowi bakal menentukan pemerintahan di 2024. Meski tidak otomatis terpilih menjadi presiden, namun peluang itu disebut tetap terbuka.

"Kalau wakil-wakil dari segi semangat dan segi usia atau kapasitas dalam menjawab kedepannya itu bisa menjadi pertimbangan. Supaya pembangunan nasional bisa berkelanjutan, regenerasi bangsa bisa diwujudkan dalam kepemimpinan Pak Jokowi," katanya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya disebut-sebut memiliki tim internal untuk menjaring calon wakil presiden yang bakal mendampinginya dalam proses Pilpres 2019.

Sekjen PPP Arsul Sani mengungkapkan tim itu terdiri dari para tokoh independen yang ditunjuk langsung oleh Jokowi.

"Hal yang saya tahu tim internalnya Pak Jokowi untuk jaring cawapres itu tokoh independen," ujar Arsul di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (8/3/2018).(yn)

tag: #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Penggelontoran Bansos Turut Dongkrak Kepuasan Masyarakat kepada Jokowi-Ma'ruf.

Oleh Rihad
pada hari Rabu, 21 Okt 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Survei Indikator Politik Indonesia menyatakan 66 persen penduduk puas dengan kinerja Joko Widodo- Ma"ruf Amin. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia ...
Berita

Bangun Kerjasama, SKB Cilegon dan Smartfren Community Dorong Kemajuan Pendidikan di Cilegon

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pandemi Covid-19 menuntut masyarakat untuk semakin kreatif memanfaatkan teknologi digital dalam pembelajaran jarak jauh secara online. Hal itu membuat transformasi ...