Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 26 Mar 2018 - 08:44:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Gizi Buruk Masih Melanda Sampang Madura

48Gizi-Buruk.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

SAMPANG (TEROPONGSENAYAN)--Penyakit gizi buruk dan kekurangan gizi masih melanda masyarakat di Kabupaten Sampang, Jawa Timur dan umumnya menimpa balita.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) pada Dinas Kesehatan Pemkab Kabupaten Sampang Agus Mulyadi, temuan adanya warga yang menderita gizi buruk dan kekurangan gizi itu, berdasarkan laporan yang disampaikan petugas puskesmas.

"Ada 10 orang yang diketahui menderita gizi buruk di Sampang ini," ujar Agus, Minggu (25/3/2018).

Ia menjelaskan, faktor utama jenis penyakit gizi buruk antara lain karena asupan gizi kurang, pola makan yang salah, dan ada juga karena terserang penyakit penyerta karena tidak diimunisasi.

Faktor ekonomi keluarga, serta minimnya pengetahuan orang tua terhadap gizi anak juga mempengaruhi balita di Kabupaten Sampang terserang gizi buruk.

"Disamping itu, apabila daya beli suatu keluarga lemah,maka otomatis tidak bisa memenuhi asupan gizi yang diperlukan balitanya," jelas dia.

Menurut Agus, agar penderita gizi buruk tidak berlanjut, maka masyarakat dan para orang tua anak diharapkan rutin mendatangi posyandu setiap bulan.

Dengan cara itu, maka kasus kekurangan gizi dan gizi buruk bisa segera terdeteksi dan segara diatasi.

"Kami di dinas kesehatan juga menyiapkan pos gizi di masing-masing Kecamatan yang dibentuk oleh puskesmas untuk memberikan penjelasan kepada para orang tua tentang cara menyediakan menu makanan bergizi seimbang untuk balita," katanya, menjelaskan.

Agus menyebutkan, jumlah warga Sampang yang diketahui menderita gizi buruk pada 2017 sebanyak 49 kasus.

Pada 2016 terdata sebanyak 47 kasus, dan pada 2015 sebanyak 140 lebih balita diketahui menderita gizi buruk dan kekurangan gizi.(yn/ant)

tag: #gizi-buruk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pasca Pemilu, Ketua Fraksi PKS Jazuli: Siap Kolaborasi Bangun Bangsa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 29 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyatakan pihaknya tidak pernah membatasi diri pasca Pemilu 2024. Menurutnya PKS adalah partai politik yang konsisten mendorong ...
Berita

Ahmad Najib Prediksi Timnas Indonesia Menang 2-1 Lawan Uzbekistan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI Ahmad Najib Qodratullah optimis Timnas Indonesia bakal menaklukan Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 yang digelar di Stadion Abdullah bin ...