TSSumut
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 27 Mar 2018 - 16:08:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Survei Stratak, Elektabilitas Edy Rahmayadi Ungguli Djarot

2Pilgub-Sumut-20182.jpg
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara 2018, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (pasangan nomor urut 1) dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (pasangan nomor urut 2) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Lembaga Survei Stratak Indonesia merilis hasil survei pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgub Sumut) 2018. Hasilnya, elektabilitas pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah unggul dari pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus.

Berdasarkan pertanyaan tertutup atau responden langsung disuguhkan dua pasangan calon, elektabilitas Edy-Musa meraih 36,91 persen, unggul dari pesaingnya pasangan Djarot-Sihar yang mendapat 24,71 persen. Selisih kedua pasangan itu memcapai angka 12,2 persen.

"Selisih itu cukup tinggi karena ada di atas margin error survei ini," ujar Direktur Stratak Indonesia Oktarina Soebardjo saat rilis survei yang digelar di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Stratak Indonesia melakukan wawancara tatap muka dengan 820 responden dengan teknik multistage random sampling. Margin of error survei ini sebesar ± 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Hal menarik dari temuan survei ini adalah masih tingginya angka undecided voters, nilainya mencapai 38,38 persen, jauh lebih tinggi dibanding raihan elektabilitas Edy-Musa.

Dalam survei ini pasangan calon yang dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh KPU tidak disurvei. Pengukuran hanya dilakukan kepada dua pasangan calon yang head to head.

Oktarina mengingatkan kemungkinan rendahnya partisipasi masyarakat dalam Pilgub Sumut 2018. Hal itu ditandai dengan rendahnya tingkat pengenalan para calon dan tingginya angka yang belum memutuskan.

Jika tidak diantisipasi dari kini, ujar dia, bukan tidak mungkin fenomena Pilgub Sumut 2013 akan terulang.

"Partisipasi pilkada di bawah 50 persen itu memalukan. Kalau itu terjadi lagi, berarti sosialisasi gagal. Pesta demokrasi tidak menarik minat rakyat untuk ikut meramaikan," ujar Oktarina.(yn)

tag: #pilkada-serentak-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSSumut Lainnya
TSSumut

Menang Pilgub Sumut, Edy-Musa Raup 3,2 Juta Suara

Oleh Ferdiansyah
pada hari Senin, 09 Jul 2018
MEDAN (TEROPONGSENAYAN)--Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dinyatakan sebagai pemenang Pilgub Sumatera Utara 2018. Hal itu berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara yang digelar Komisi ...
TSSumut

Keok di Pilgub Sumut, Sihar Sitorus Pamit Pulang ke Jakarta

MEDAN (TEROPONGSENAYAN)--Sihar Sitorus mengaku sudah `legowo` dengan hasil Pemilihan Gubernur Sumut 2018. Berdasarkan hasil sementara pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah unggul."Saya dan keluarga ...