Berita

DPR Minta Menkes Cabut Izin Importir Ikan Makarel

Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 03 Apr 2018 - 00:48:57 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

68Irma Nasdem.jpg

Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago mengaku tidak habis fikir dengan pernyataan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek yang menyatakan cacing dalam makarel tidak berbahaya jika ikan dimasak dengan benar.

"Cacing yang layak dimakan adakah cacing yang tidak memiliki efek samping ketika dikonsumsi seperti cacing Tanah untuk obat, cacing sagu. Bukan cacing yang ada di makanan kaleng," kata Politisi NasDem itu kepada wartawan di Jakarta, Senin (02/04/2018).

Memang, terang dia, menurut penelitian cacing tersebut tidak berbahaya, tetapi tetap memiliki efek samping jika memasaknya tidak benar. Sehingga cacing tersebut tidak benar-benar mati. Efek sampingnya, menurut BPOM bisa menyebabkan alergi dan sakit perut.

Karenanya, Irma meminta, agar makanan berbahan ikan tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi lagi dan pemerintah juga harus menghentikan pihak yang mengimpor ikan tersebut.

Selain itu, Irma juga medesak, agar makanan dalam negeri yang menggunakan bahan baku Ikan tersebut juga harus dicabut izinnya.

"Cabut izin importnya. Kenapa harus ragu mencabut izin import ikan tersebut? Wong selain tidak menguntungkan Indonesia, produk turunannya justru berbahaya kok jika dikonsumsi," tegas dia. (Alf)

tag: #dpr  #kementerian-kesehatan  #kementerian-perdagangan  #komisi-ix  #partai-nasdem  

Bagikan Berita ini :