Berita
Oleh Sahlan pada hari Selasa, 22 Mei 2018 - 11:25:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Setiap Hari Selama Ramadan, PPP Gelar Kajian Kitab Tasawuf

31PPP-Ngaji-Kitab.jpg.jpg
Kajian Kitab Al-Hikam yang dipimpin Ustaz Ahmad Syathiby. Kajian kitab karya Syaikh Ahmad Ibnu Atho'illah itu dilakukan setiap pukul 17.00 WIB hingga menjelang azan Maghrib di kantor DPP PPP Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat (Sumber foto : Sahlan/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pengurus DPP PPP setiap hari selama Bulan Ramadan menggelar kajianKitab Al-Hikam yang dipimpin Ustaz Ahmad Syathiby.

Pengajian kitab karya Syaikh Ahmad Ibnu Atho'illah itu dilakukan setiap pukul 17.00 WIB hingga menjelang azan Maghrib di kantor DPP PPP Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Menurut Pengurus Bidang Agama dan Dakwah PPP, Syarifuddin, pengajian ini tidak hanya bisa diikuti para jemaah yang datang langsung ke kantor DPP PPP, namun bisa diakses melalui streaming Facebook dan Instagram.

“Dengan live streaming, pengajian bisa diakses oleh seluruh kader PPP dan masyarakat di seluruh Indonesia melalui facebook dan Instagram, dimana pun mereka berada,” kata Syarifuddin dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/5/2018).

Bagi jemaah yang mengikuti pengajian langsung di kantor PPP, habis mengaji kitab kuning mereka bisa buka puasa dan sholah maghrib bersama. Setelah itu para jemaah pengajian juga melaksanakan sholat Isya dan tarawih bersama di kantor DPP PPP.

“Pengajian juga diikuti oleh warga sekitar kantor sambil menunggu buka puasa, dilanjutkan sholat maghrib hingga tarawih berjamaah," katanya.

Setiap hari, tema yang dibahas selalu berganti. Pada Senin, (21/5), mengambil tema “Posisi (maqom) Manusia dalam Kehidupan”. Ustadz Ahmad Syathiby dalam pengajian hari Senin (21/5) ini diantaranya menyampaikan tentang pentingnya niat sebelum melakukan sesuatu. Niat itu menurutnya bisa menentukan nilai kegiatan yang akan dilakukan.

“Niat itu harus baik dan benar. Niat yang baik itu adalah niat untuk melakukan kegiatan yang tidak menimbulkan dan meninggalkan masalah. Sedangkan benar adalah harus sesuai dengan tuntunan agama,” kata Ustadz Ahmad Syathiby.

Kegiatan mengikui pengajian secara streaming ini bisa menjadi alternatif bagi umat Islam untuk mengisi waktu sebelum buka puasa. Saat ini memang banyak acara di televisi yang ditujukan untuk umat Islam yang sedang menunggu adzan maghrib. Namun jarang acara yang menyajikan tentang pengajian yang spesifik membahas sebuah kitab seperti yang digelar di kantor DPP PPP ini.

Al Hikam sendiri merupakan kitab tasawuf yang dikarang oleh ulama Mesir Syaikh Ahmad Ibnu Atho'illah yang wafat pada 1309 masehi. Dari kitab ini, umat Islam bisa mendapatkan sejumlah hikmah dan rahasia tentang kehidupan.(yn)

tag: #ppp  #ramadhan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...