Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 15 Apr 2015 - 23:13:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Jimly: DPR Tak Boleh Ikut Campur Soal Wakapolri

10Jimly Asshidiqie (eko).jpg
Jimly Asshiddiqie (kiri) (Sumber foto : Eko S Hilman/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Tim Independen atau yang dikenal dengan Tim 9 bentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendesak agar DPR tidak dulu membahas Wakapolri sebelum tuntas menentukan nasib Kapolri.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Tim 9 Jimly Asshiddiqie saat ditanya tentang wacana mantan calon tunggal Kapolri Komjen Bambang Gunawan (BG) yang oleh sebagain anggota DPR diusulkan sebagai Wakapolri.

“Saya tidak mau berkomentar dulu soal Wakapolri. Tugas DPR yang di depan mata saja belum beres, kok mau mendiskusikan Wakapolri," kata Jimly Asshiddiqie kepada TeropongSenayan di Jakarta, Rabu (15/4/2015).

Jimly mengatakan, DPR tidak bisa ikut campur dalam urusan Wakapolri. Sebab menurutnya, wilayah itu sepenuhnya menjadi kewenangan internal Polri.

"Cepat dong diselesaikan itu Kapolri. Gimana sih kerja DPR itu?, Kapolri saja belum beres sudah mau lompat ke Wakapolri," ujar Jimly.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini berharap apa yang sudah dibicarakan DPR dengan Presiden Jokowi segera ditindak lanjuti karena bangsa dan negara butuh kepastian Kapolri. Jimly juga berpesan, jangan sampai prosedur formal diutamakan namun kebutuhan kapolri tertunda terus.

Sementara sesuai peraturan perundang-undangan, dalam 20 hari kerja sejak diajukan Presiden, DPR sudah harus menyatakan sikap. "Dalam Undang-undang jelas, DPR hanya menyetujui atau tidak Kapolri yang diajukan oleh Presiden. Beda dengan Wakapolri. Jadi, Wakapolri itu bukan urusan DPR," jelas Jimly.

Dia menambahkan, kalau pun posisi Wakapolri dikosongkan tidak masalah. Oleh karena itu, ia meminta agar DPR segera menuntaskan nasib Kapolri. "Kalau urusan Wakapolri, kita serahkan saja pada internal Polri,” sarannya.(yn)

tag: #wakapolri  #budi gunawan  #dpr  #parlemen  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...