TSSumsel
Oleh Bara Ilyasa pada hari Minggu, 10 Jun 2018 - 23:07:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Survei Pilkada Lahat, Bursah-Parhan Jawaranya

85bursa-zarnubi-parhan-berza.jpg.jpg
Bursah Zarnubi dan Parhan Berza (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Voxpol Center Research and Consulting merilis hasil survei Pilkada Kabupaten Lahat yang dilakukan pada 20 sampai 24 Mei 2018 lalu. Hasilnya, tingkat elektabilitas pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lahat, Bursah Zarnubi-Parhan Berza melejit jauh meninggalkan para pesaingnya.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, survei yang digelar lembaga yang dipimpinnya melibatkan sebanyak 400 orang responden dengan tingkat kesalahan (margin of error) sekitar +/- 4,89 persen, tingkat kepercayaan 95 persen. Para responden dipilih dengan menggunakan metode multi-stage random sampling melalui wawancara tatap muka mengunakan kuesioner.

Responden yang terpilih dalam survei ini diwawancarai oleh para surveyor yang telah dilatih Voxpol Center Research and Consulting menggunakan kuisioner dan pertanyaan terbuka. Adapun untuk pertanyaan dengan menggunakan kuisioner, hasilnya dari tingkat elektabilitas Bursah Zarnubi-Parhan Berza unggul dengan 42,2 persen.

"Kemudian disusul Nopran Marjani-Herliansyah 27,0 persen, Cik Ujang- Haryanto 22,8 persen, selanjutnya Purnawarman Kias-Rozi Adiansyah 2,8 persen, posisi terendah yaitu pasangan Hapit Padli-Erlansyah Rumsyah 2,5 persen dengan tingkat yang belum menentukan pilihan (undecided voters) sebesar 2,7 persen responden," kata Pengi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/6/2018).

Tingkat elektabilitas yang terbilang tinggi itu menurut dia, tak lepas dari tingkat popularitas calon Bupati Lahat, Bursah Zarnubi-Parhan Berza sudah hampir klimaks yakni 98,8 persen.

Sementara popularitas Nopran Marjani-Herliansyah 97,3 persen, Hapit Padli-Erlansyah Rumsyah 80,8 persen, Cik Ujang-Haryanto 95,8 persen, dan Purnawarman Kias-Rozi Adiansyah 83,8 persen.

Bursah Zarnubi-Parhan Berza kata dia, juga dipilih karena sebagian besar masyarakat Lahat juga menyukai keduanya, sebagaimana tingkat kesukaan masyarakat sebesar 86,8 persen.

"Disusul oleh Nopran Marjani-Herliansyah dengan angka 87,8 persen, Cik Ujang- Haryanto 84,0 persen, Purnawarman Kias-Rozi Adiansyah 65,8 persen dan Hapit Padli-Erlansyah Rumsyah 63,5 persen," lanjut Pangi.

Kesimpulannya, tambah Pangi, dari hasil survei terlihat bahwa elektabilitas Bursah Zarnubi-Parhan Berza unggul daripada bakal calon Bupati Kabupaten Lahat lainnya.

Angka elektabilitas ini tergambar bahwa pasangan Bursah Zarnubi-Parhan Berza yang paling berpeluang memenangkan pemilihan Bupati Kabupaten Lahat.

Hal ini setidaknya terindikasi dari beberapa hal. Pertama, survei ini dilakukan dalam rentang waktu yang sangat dekat dengan waktu pemilihan, yakni kurang lebih satu bulan sebelum pemilihan, sehingga tidak akan terjadi fluktuasi pergeseran angka yang sangat signifikan dari setiap pasangan kandidat, alias relatif stabil.

Kedua, angka yang belum menentukan pilihan (un-decided voters) sudah semakin kecil, yakni sebesar 2,7 persen responden. Itu, jelas Pangi, artinya mayoritas masyarakat Lahat sudah menentukan pilihan dan angka un-decided voters ini tidak akan mempengaruhi hasil akhir, jika mereka memutuskan pilihannya pada saat terahir (injure time).

"Ketiga, selisih perolehan suara yang cukup signifikan antara pasangan Bursah Zarnubi-Parhan Berza dan pasangan Nopran Marjani-Herliansyah sebagai saingan terdekat yakni 15 persen. Angka ini sangat sulit untuk dikejar mengingat waktu pemilihan yang sudah semakin dekat," pungkas Pangi.(yn)

tag: #pilkada-serentak-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSSumsel Lainnya
TSSumsel

Dituding Main Politik Uang, Bupati Taput: Silakan Protes UU Pilkada ke MK

Oleh Ferdiansyah
pada hari Kamis, 05 Jul 2018
TAPANULI UTARA (TEROPONGSENAYAN) --Bupati Tapanuli Utara (Taput) petahana, Nikson Nababan membantah dugaan menggunakan politik uang di perhelatan Pilkada Taput 2018 lalu.  Menurutnya, ...
TSSumsel

Pengamat: Hasil Pilkada Sumsel Tidak Akan Berbeda dengan Hasil Quick Count

PALEMBANG (TEROPONGSENAYAN) --Pengamat politik sekaligus direktur Konsepindo Research and Consulting, Veri Muhlis Arifuzzaman menyebut, Pilkada Sumatera Selatan (Sumsel) secara substansi sudah ...