TSSumsel
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 02 Jul 2018 - 13:37:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat: Hasil Pilkada Sumsel Tidak Akan Berbeda dengan Hasil Quick Count

52pilkada-serentak-2018-640x350.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

PALEMBANG (TEROPONGSENAYAN) --Pengamat politik sekaligus direktur Konsepindo Research and Consulting, Veri Muhlis Arifuzzaman menyebut, Pilkada Sumatera Selatan (Sumsel) secara substansi sudah selesai. Pemenangnya adalah paslon Herman Deru - Mawardi Yahya.

"Yang tersisa ke depan adalah proses perlengkapan administrasi penghitungan," kata Veri dalam keterangannya,Palembang, Senin (2/7/2018).

Dia menjelaskan, dari sisi jumlah suara yang diraih para paslon, tidak akan berbeda jauh dari hasil quick count yang dirilis beberapa lembaga survei.

Veri juga menyatakan, sebenarnya kubu Dodi-Reza bisa memberi contoh baik kepada rakyat Sumsel bagaimana bersikap ksatria. Sikap itu salah satunya ditunjukkan dengan mengakui hasil quick count.

“Saya kira semua lembaga itu menyatakan Herman Deru-Mawardi Yanya unggul, termasuk Charta Politica menyatakan hal yang sama. Ribuan quick vount sudah digelar di Negara ini dan hasil akhirnya selalu sama dengan hasil KPU, hanya amat sedikit sekali kasus yang berbeda, itupun jika hasilnya dalam margin error. Di Sumsel ini selisih semua quick count berada di atas margin error. Ini quick count lho, bukan survei,” ujarnya menambahkan.

Veri pun mengucapkan selamat kepada paslon Herman Deru-Mawardi Yahya.

Diakuinya, pasangan ini telah bekerja sangat luar biasa. Sehingga mampu mengalahkan pasangan lain yang punya sumber daya lengkap.

“Harus diakui Herman Deru adalah seorang pejuang. Kemenangan yang diraihnya akan sangat nikmat, itu karena untuk meraihnya diperlukan perjuangan luar biasa. Deru telah membuktikan man jadda wajada, siapa berjuang sungguh-sungguh, ia akan berhasil,” terang dia.

Bahkan, Veri mengaku, pihaknya sudah memprediksi kemenangan Herman Deru-Mawardi Yahya melalui survei terakhir lembaganya.

Surveri Konsepindo Research and Consulting yang digelar 1 sampai 6 Juni menempatkan pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya unggul dengan selisih 6,3 persen dari Dodi - Giri.

Kini melalui hasil rekap C1 yang sudah 100 persen dihimpun tim HDMY, terbukti selisih kemenangan Deru atas Dodi sebesar 5,3 persen. “Hanya terpaut 1 persen dari prediksi survei terakhir kami,” pungkasnya. (Alf)

tag: #pilkada-serentak-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSSumsel Lainnya
TSSumsel

Dituding Main Politik Uang, Bupati Taput: Silakan Protes UU Pilkada ke MK

Oleh Ferdiansyah
pada hari Kamis, 05 Jul 2018
TAPANULI UTARA (TEROPONGSENAYAN) --Bupati Tapanuli Utara (Taput) petahana, Nikson Nababan membantah dugaan menggunakan politik uang di perhelatan Pilkada Taput 2018 lalu.  Menurutnya, ...
TSSumsel

Pilpres 2019, HD Siap Menangkan Jokowi di Sumsel

PALEMBANG (TEROPONGSENAYAN) --Calon Gubernur Sumsel Herman Deru menegaskan akan konsisten dengan sikap politiknya untuk mendukung Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang.  Sikap tersebut tidak ...