Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Selasa, 17 Jul 2018 - 07:22:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Tujuh Partai Ini Bakal Melenggang ke Senayan, Apa Saja?

83gedungdpr.jpg
Gedung DPR RI (Sumber foto : ist)

BENGKULU (TEROPONGSENAYAN)--Hasil survei PolCOMM Institute menunjukkan tujuh partai politik memiliki peluang besar untuk meloloskan kadernya ke lembaga perwakilan, baik DPR, MPR maupun DPD RI di Senayan.

"Berdasarkan hasil survei PolCOMM baru-baru ini, partai yang lolos `parliamentary threshold` (ambang batas parlemen) itu ada tiga, masih berurutan PDIP, Gerindra dan Golkar," kata Direktur PolCOMM Institute Dr Heri Budianto M.Si di Bengkulu, Selasa (17/7/2018).

Selanjutnya, menurut Heri, berturut-turut partai politik yang mendekati ambang batas parlemen, yakni Demokrat, PKB, PAN dan PKS.

"Tapi bukan berarti partai-partai lain juga tidak memiliki kans, yang lain saya kira hari ini terus bergerak secara massif," kata dia.

Peluang untuk parpol lain, termasuk pendatang baru, menurut dia, masih tetap terbuka. Namun tetap bergantung strategi mereka dalam menempatkan calon legislator yang mampu mendulang dan menjadi basis suara partai.

"Calon legislator mana saja nantinya yang akan ditempatkan, itu berpengaruh bagi elektabilitas partai tersebut," katanya.

Sesuai pasal 414 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, ambang batas parlemen atau "parliamentary threshold", yakni empat persen dari total suara sah nasional.

Jika tidak mampu memperoleh suara setidaknya empat persen, maka sesuai undang-undang, menurut Heri, parpol tidak berhak mendapatkan kursi di parlemen.

"Karena itu, dalam masa penyusunan daftar calon legislator (DCS) ini tentu partai akan memainkan strategi dengan membuat orang yang betul-betul memiliki basis massa menjadi caleg dan tepat penempatannya, karena perolehan suara caleg menentukan capaian suara secara nasional," ujarnya. (plt/ant)

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...