Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 20 Agu 2018 - 20:19:56 WIB
Bagikan Berita ini :

KAMMI Desak Pemerintah Terapkan Status Bencana Nasional di Lombok

2kiprah-15th-kammi-2.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Keluarga Alumni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KA KAMMI) meminta pemerintah segera menetapkan status gempa Lombok sebagai bencana nasional.

Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat KA KAMMI, Amin Sudarsono menyebut,peristiwa gempa beruntun yang menimpa Lombok sudah masuk dalam kategori bencana nasional sesuaiUndang-undang (UU) No 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

“Ada di pasal 1 huruf c dan pasal 2, pemerintah berhak menetapkan status bencana nasional ataupun daerah di pasal 3 status bencana ditetapkan oleh keputusan atau peraturan presiden,” kata Amin di Jakarta, Senin (20/8/2018).

Menurutnya, jika dilihat dari kemampuan keuangan daerah dimana dana APBD Provinsi NTB berkisar Rp.2 sampai 3 triliun, sementara Kabupaten Lombok Utara (KLU) berkisar Rp 850 miliar sampai 900 miliar.

Dengan demikian, maka keuangan daerah belum bisa menanggulangi bencana yang tingkat kerusakan skala besar yang butuhkan biaya sekitar Rp 10 triliun.

“Angka kemiskinan di Kabupaten Lombok Utara ada 34.11 persen, itu adalah kabupaten dengan angka kemiskinan tertinggi dari 10 kabupaten/kota se-NTB. Maka dengan ini KA KAMMI meminta presiden dan gubenur menyatakan NTB sebagai bencana nasional,” tegas dia.

Adapun dari sisi anggaran, lanjutnya, ketidakmampuan menanggulangi bencana ini dengan status bencana daerah dan akan berimplikasi pada ketidakstabilan. Sementara dalam bencana ini telah melumpuhkan sektor ekonomi, sektor pemerintahan, dan kondisi sosial.

Menurutnya, yang paling mengkhawatirkan adalah sektor pariwisata, dengan pendapatan asli daerah (PAD) 70 persen Kabupaten Lombok Utara bersumber dari pariwisata. Sementara, tiga Gili dan Senaru Rinjani telah lumpuh.

“Bagaimana bisa Tuan Guru katakan masih mampu? Dari sisi keuangan daerah, sudah jelas NTB tidak mampu,” sesal Amin. (Alf)

tag: #kammi  #gempa-bumi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...