Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 11 Sep 2018 - 18:45:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat: Aksi Mahasiswa Riau Jangan Dihakimi Potensi Makar

49adi-prayitno.jpg.jpg
Adi Prayitno (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah JakartaAdi Prayitno menilai, aksi unjuk rasa ribuan mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) merupakan sesuatu hal yang wajar.

Ribuan mahasiswa UIR menduduki DPRD Riau dan mereka menuntut Presiden Joko Widodo untuk mundur dari jabatannya lantaran gagal menangani persoalan bangsa, di antaranya nilai tukar rupiah terus melemah.

Baca juga:Duduki Gedung DPRD Riau, Mahasiswa UIR Tuntut Jokowi Mundur

"Jangan buru-buru dituding ditunggangi, jangan buru-buru dihakimi, potensi makar, dan seterusnya. Mahasiswa kritis itu bagian penting dari ruh demokrasi kita," kata Adi kepada TeropongSenayan di Jakarta, Selasa (11/10/2019.

"Dalam setiap zaman pasti muncul kelompok kritis yang tak puas dengan kinerja penguasa. Itu biasa terjadi di kalangan mahasiswa yang setiap saat hatinya bergejolak," tambahnya.

Baca juga:Setelah Mahasiswa UIR, HMI Juga Akan Turun ke Jalan

Untuk itu, ia meminta pemerintah tidak panik dengan gerakan mahasiswa Riau tersebut.

"Kritik mahasiswa riau maknai biasa biasa saja sebagai bagian dinamika demokrasi. Biarkan mereka berproses secara alamiah besar dijalanan," tuturnya.

Baca juga: Ribuan Mahasiswa Mulai Turun ke Jalan, Begini Kata Ketua MPR

Pada bagian lain, Adi menyatakan, demo mahasiswa Riau sepertisebuah oase di tengah kegersangan aktivis mahasiswa lain yang cenderung menjadi bagian kekuasaan.

"Demo ini juga adalah tamparan bagi aktivis-aktivis lama yang sudah menikmati indah kekuasaan tapi mereka tak bersuara saat ada kebijakan tak merakyat," tegasnya.(yn)

tag: #mahasiswa-melawan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement