Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 12 Nov 2018 - 11:48:41 WIB
Bagikan Berita ini :

Pilpres 2019 Minim Konsep dan Gagasan

3420180922_121239.jpg.jpg
Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi di acara deklarasi kampanye damai yang digelar KPU RI di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati menyebut, Pilpres 2019 harus menjadi ajang pertarungan gagasan. Bukan hanya menonjolkan sosok figur semata.

"Publik sangat berharap bahwa di dalam Pilpres yang akan datang benar-benar yang dilempar kepada masyarakat adalah pertarungan gagasan, konsep," kata Enny saat dihubungi, Senin (12/11/2018).

Enny menjelaskan, yang dimaksud dengan konsep yang harus diusung oleh pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) adalah apa yang akan dilakukan secara konkrit ketika terpilih. Selain itu, penting juga untuk menyampaikan hal-hal yang telah dilakukan.

Pertarungan gagasan pasangan capres-cawapres semacam ini sudah diterapkan di banyak negara. Sehingga, masyarakat benar-benar memahami arah kebijakan masing-masing pasangan calon.

Enny memberi contoh adalah Pilpres AS 2016 yang menghadapkan Donald Trump dari Partai Republik dan Hilary Clinton dari Partai Demokrat. Pilpres akhirnya dimenangkan oleh Trump.

"Ketika pilihannya Clinton atau Trump, masyarakat sudah tahu kalau Trump nanti warna kerja ekonominya seperti apa, kalau Clinton seperti apa," ungkap Enny.

Budaya pilpres semacam itu, imbuh Enny, tidak pernah terjadi di Indonesia. Enny pun meyakini budaya ini harus mulai diterapkan pada Pilpres 2019.

Pasalnya, selama ini Pilpres di Indonesia hanya terfokus pada figur capres dan cawapres. Gagasan dan konsep yang dimiliki pasangan calon jarang diselami. (Alf)

tag: #pilpres-2019  #jokowimaruf-amin  #prabowosandiaga  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...