Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 05 Des 2018 - 18:20:23 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Minta TNI Terlibat Aktif Buru Pelaku Pembantaian 31 Pekerja Trans Papua

66transpapua41218.jpg.jpg
Proyek pengerjaan ruas Jalan Trans Papua yang menghubungkan Jayapura-Wamena. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi I DPR RI ikut mengecam peristiwa pembantaian31 pekerja jembatan Trans Papua yang dibunuh oleh kelompok separatisOrganisasi Papua Merdeka (OPM),padaMinggu (2/12/2018) kemarin.

Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi menilai pembataian terhadap pekerja di Kali Yigi dan Kali Aurak Distrik Yigi Kabupaten Nduga, Papua itu sudah masuk kategori teroris, karena sudah menebarkan ketakutan di masyarakat.

"Kejadian pembantaian 31 pekerja di Papua oleh OPM, sudah masuk definisi terorisme, menebarkan rasa takut yang sistemik," kata Bobby di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Dalam kasus ini, Ketua DPP Partai Golkar ini meminta agar TNI ikut terlibat aktif dalam upaya penanggulangan dan memburu para pelaku bersama-sama dengan Polri di Papua.

"Dikarenakan densitas hutan yang perlu penanggulangan khusus dimana TNI infanteri yang saat ini memiliki teknik Jungle Warfare (teknik tempur bertahan dan berjuang dihutan)," katanya.

Anggota DPR dapil Sumatra Selatan II ini pun meminta agar proyek pembangunan di Papua kedepan melibatkan TNI Zeni. Alasanya, karena komponen biaya pembangunan jalan yang terbesar disana adalah biaya keamanan.

Menurutnya, dengan TNI diikut sertakan, tentu akan efektif dan efisien.

"Dan sudah dibuktikan dalam pembagunan jalan sebelumnya, support dari TNI sangat efektif dalam memenuhi tenggat waktu penyelesaian," jelas Bobby.

Diketahui, Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM) dilaporkan membantai 31 pekerja di Kali Yigi dan Kali Aurak Distrik Yigi Kabupaten Nduga. Ke-31 orang pekerja jembatan ini merupakan buruh bangunan dari PT Istaka Karya dilaporkan tewas sementara satu orang lagi belum diketahui nasibnya. (Alf)

tag: #komisi-i  #dpr  #tnipolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...