Berita

Banyak e-KTP Tercecer, DPRD DKI Akan Panggil Dukcapil

Oleh Bara Ilyasa pada hari Senin, 17 Des 2018 - 22:52:41 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

24b9fc75fc-9fb3-45a2-a25d-5425995a0c6c.jpeg.jpeg

Polisi mendatangi warga yang menemukan ribuan e-KTP di daerah Pondok Kopi, Duren Sawit. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi A DPRD DKI Jakarta akan memanggil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta pada Selasa (18/12/2018) besok.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Syarif mengatakan, pemanggilan tersebut dilakukan untuk meminta penjelasan dari Dukcapil DKI Jakarta terkait penemuan ribuan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), yang tercecer di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

"Kita akan lakukan pertemuan dengan Dukcapil DKI Selasa besok. Itu trigernya (penemuan e-KTP dalam karung)," ujar Syarif saat dihubungi, Senin (17/12/2018).

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra itu juga akan menanyakan soal blanko e-KTP yang selalu kehabisan. Sebab, banyak warga yang protes lantaran proses pembuatan kartu identitas itu lama.

"Kita juga sering dikomplain sama warga mengenai blangko e- KTP yang kekurangan," ujar Syarif.

"Berikutnya kita pengen tahu prosedur pemusnahan e-KTP yang invalid, rusak, kedaluwarsa bagaimana sebenarnya sih?Publik harus tahu kalau ada e-KTP salah cetak atau rusak cara prosedur memusnahkannya kaya apa? Apa dibuang di sawah? atau di kali atau di mana?," katanya.

Diketahui, warga Duren Sawit sebelumnya menemukan ribuan e-KTP dalam karung di Kampung Bojong Rangkong RT 3 RW 11 Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Polisi mencatat, total e-KTP yang tercecer tersebut mencapai 2158 buah dengan berat kurang lebih 20 kilogram. (Alf)

tag: #ektp  #dprd-dki  

Bagikan Berita ini :