Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 18 Des 2018 - 16:37:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Peternak Lele Indramayu Keluhkan Harga Pakan

11IMG-20181218-WA0014.jpg.jpg
Cawapres Sandiaga Uno saat menyapa peternak lele, Karanganyar, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (18/12/2018). (Sumber foto : Ist)

INDRAMAYU (TEROPONGSENAYAN) --Toto Warnoto pemilik sentra budidaya ikan lele mengeluhkan harga pakan yang sudah mencapai sepuluh ribu rupiah per/kg.

Hal ini disampaikan Toto di acara Temu dan Bincang Sentra Budidaya Lele bersama Cawapres Sandiaga Uno di Karang Sinom Blok 1 RT 01/RW 02, Desa Karanganyar, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa (18/12/2018).

"Pergerakan dolar, berpengaruh pada harga pakan. Bahan baku pakan yang masih impor berpengaruh dari nilai rupiah yang lemah. Kami berharap jika nanti Pak Sandi, InsyaAllah jadi Cawapres tahun 2019, bisa memberikan kontribusi agar harga pakan lele murah dan stabil," terang Toto.

Menurut Toto, inilah yang membuat pengusaha, petani dan pekerja budidaya lele mulai kesulitan karena perndapatannya turun. Akibat rupiah melemah, menciptakan efek yang beruntun.

"Para pengusaha budidaya punya petani, petani ada pekerja, para pekerja punya keluarga yang harus dihidupi dinafkahi. Sekarang hidup tambah berat. Harga jual lele mahal, omset perdagangan lele turun, termasuk para pembeli pakan menurun," beber Toto.

"Kami serahkan nasib semua budidaya lele di Indramayu kepada Pak Sandi," lanjutnya.

Sandi mengaku akan menampung keluhan Pak Toto. Dia minta diadakan agar tidak menjadi politisi Pil KB.

"Ini amanah, doakan kami jangan jadi politisi pil KB. Tahu kan beda pil KB dan Pilpres? Kalau Pil KB, lupa jadi, kalau pilpres sudah jadi lupa," kata Sandi.

Sementara itu, Ibu Hanifah pemilik akademi Migas di Indramayu, berharap Sandi bisa menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak lagi biat Emak-emak.

Menurut Hanifah, banyak perempuan di Indramayu menjadi pekerja di luar negeri. Sehingga banyak para suaminya kawin lagi.

"Indramayu ini kaya pak. Ada pertanian, laut dan minyak. Tapi banyak yang cari kerja di luar negeri karena susah hidupnya. Ini juga pekerjaan rumah buat bapak. Tolong pak," kata Hanifah.

"Saya akan tampung semuanya. Ini memang menjadi fokus kami, penciptaan dan penyediaan lapangan kerja dan menjaga harga-harga kebutuhan pokok yang terjangkau serta stabil," ujar Sandi yang sempat menebar benih lele ke kolam. (Alf)

tag: #sandiagauno  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement