Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Rabu, 02 Jan 2019 - 08:44:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Mirip Texas, Mampukah Prabowo-Sandi Menguasai Jawa Tengah?

19images (58).jpeg.jpeg
Paslon Pilpres 2019, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kubu Prabowo-Sandi menyeriusi penguasaan kekuatan politik di wilayah Jawa Tengah. Menurut pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie, kekuatan politik di Jawa Tengah mirip dengan Texas, di Amerika Serikat.

Texas, sejak dulu dikuasai oleh Grand Old Party (GOP) atau Partai Republik. Negara bagian ini juga menempati posisi kekuatan politik kedua dari seluruh wilayah politik Amerika Serikat.

"Di sini pada pilpres 2016 lalu dikuasai oleh Donald Trump. Di wiilayah ini basisnya red state, ada 38 electoral college. Nomor dua terbesar di bawah California 55 (Electoral college). Jadi Jateng sama persis dengan Texas," kata Jerry, dalam keterangan tertulis, yang diterima di Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Jika Texas di AS dikuasai oleh Partai Republik, maka menurut Jerry, Jawa Tengah di Indonesia dikuasai oleh PDIP dan PKB. Dengan kondisi tersebut, Jerry menilai agak berat bagi Prabowo-Sandi merebut kekuatan politik Jawa Tengah.

"Memang agak berat untuk menaklukan Jokowi-Maruf (di Jateng). Berbeda dengan Jabar dan Banten peluang ada, tapi Jateng dan Jatim agak berat," kata Jerry.

Namun, dalam politik apapun bisa terjadi. Termasuk di dalamnya peluang Prabowo-Sandi mengambil suara signifikan di Jawa Tengah.

"(dari) aspek politik probabilitas bisa saja terjadi, tapi kecil," ujar dia.

Probabilitas itu akan membesar jika Tim Kemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin kurang bermanuver.

"Barangkali jika TKN kurang manuver bisa saja Prabowo-Sandi menang. Tapi mereka sulit memang di Jateng yang notabene pemilih fanatik terhadap Jokowi. Mengingat Jokowi asal Solo, tidak mungkin dia kalah di kandangnya," papar Jerry. (plt)

tag: #pilpres-2019  #prabowosandiaga  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...