Bisnis
Oleh pamudji pada hari Rabu, 30 Jan 2019 - 11:59:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Investasi Rp 100 M, Adonara Group Garap Resort di Pulau Adonara NTT

2512987-pulau-adonara-yang-terletak-di-flores-timur-nusa-tenggara-timur.jpg.jpg
Pulau Adonara NTT (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Operator Hotel Nasional Adonara Group melakukan ekspansi bisnis ke Indonesia Timur. Kali ini menyasar Pulau Adonara, NTT, yangterkenal dengan keindahan alam serta negeri sejuta Gading.

Guna mengoptimalkan ekspansi, Adonara menggandeng pengusaha lokal sebagai mitra kerja dengan skema joint venture . Ekspansi bisnis ini sejalan dengan rencana kerja Pemprov NTT, yakni menjadikan NTT sebagai New Teritory Tourism. NTT merupakan salah satu daerah kepulauan yang exotis, dan secara geografis letaknya sangat strategis karena berbatasan langsung dengan benua Australia dan Negara Timor Leste.

"Menurut hemat saya ada dua konsep pengembangan pariwisatayang cocok untuk NTT yaitu pariwisata yang berbasis pada komunitas (Community BasedTourism-CBT) dan pariwisata yang berpihak pada masyarakat miskin (Pro Poor Tourism-PPT)," ujar Ruben Bahy, CEO Adonara Group saat bertemu dengan Bupati Flores Timur AntoniusHadjon , Wakil Bupati Boli serta, beberapa kepada dinas Flores Timur .

Menurut Ruben, seperti dikutip dari siaran pers, Senin (28/1/2019), pelaksanaan konsep CBT dan PPT mau tidak mau harus bersandar pada kemampuan kepala daerah, termasuk di dalamnya adalah political leadership untuk merangkul masyarakat agardapat berpartisipasi dalam pembangunan pariwisata berkelanjutan.

"Di Kabupaten Flores Timur , kami akan mengembangkan Resort terpadu atau yang dikenaldengan Mixused Development di Pantai Tewutung Adonara . Sebuah resort dengan luas 5hektar akan kami kembangkan menjadi salah satu destinasi pariwisata yang pertama diPulau Adonara, " jelas Ruben.

Untuk tahap awal, akan dibangun Water Park
dengan berbagai fasilitas dan wahana permainan. Kawasanini akan dilengkapi dengan hotel & resort dengan yang terdiri atas 25 Private Villadengan private pool , hotel bintang 3 dengan 80 kamar , ballroom dan meeting room. Di samping itu, juga dibangun Museum Gading yang merupakan icon masyarakat Adonara dan menjadi museum Gadingpertama di dunia. Museum ini akan berisi ragam dan budaya, serta beberapa arcade untuk untuk mengembangkan budaya lokal secara langsung, dan agar dapat dinikmati oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Adonara Resort Development, rencananya akan melakukan ground breaking pada awal
April 2019 , dengan tahap pertama pembangunan Water Park yang akan segera beroperasipada Agustus 2019 .

"Total investasi awal yang akan kami lakukan sekitar 20 Milliar untuk tahap awal dari total rencana investasi untuk semua kawasan sekitar 100 Milliar . Nilai projek ini tentunya kami akan melakukan kerja sama pembiayaan dengan beberapa bank agar target projek ini
dapat beroperasi secara penuh pada pertengahan 2020 ," papar Ruben.

Pihak Pemda mendukung penuh rencana proyek tersebut.

"Pada prinsipnya kami mendukung rencana investasi di Kabupaten Flores Timur, khususnya diPulau Adonara agar dapat menjadi suatu kawasan resort yang potential dan diharapkanmampu memberikan pendapatan bagi daerah serta lapangan kerja untuk masyarakatsetempat," ujarBupati Flores Timur AntoniusHadjon.(plt)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement