Bisnis
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Kamis, 31 Jan 2019 - 16:50:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Mendag: Indonesia Siap Ekspor Tempe

72Tempe.jpg.jpg
Tempe (Istimewa) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan Indonesia akan mengekspor salah satu makanan khasnya, tempe, ke berbagai negara.

“Kita mau ekspor tempe. Sekarang sedang dicari teknologi pangannya agar awet,” kata Mendag seperti dikutip Antara, Kamis (31/1/2019).

Sementara itu, di tempat terpisah Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo), Ayip Syarifuddin menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan produk tempe yang untuk diekspor.

Saat ini, bahkan persyaratan untuk ekspor dan lain-lain sudah dipenuhi. Dengan kata lain Gakoptindo telah siap baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

“Gakoptindo menyasar negara-negara yang banyak ditinggali oleh orang Indonesia, antara lain Hongkong, Korea Selatan, dan Timur Tengah,” kata Ayip.

Menurut Aip, Gakoptindo sebenarnya telah melakukan ekspor tempe, namun pemasarannya dilakukan secara sporadis dan belum memaksimalkan kualitas.

“Kami pernah ekspor, tapi karena kelamaan di jalan jadi tempenya rusak, busuk,” ungkap Ayip.

Oleh karena itu, Ayip meminta dukungan dari pemerintah (Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian) untuk membantu menjaga kualitas tempe lewat teknologi dan memasarkannya lebih baik.

“Sekarang teknologi sudah dibantu Kemenperin melalui Ditjen Industri Kecil Menengah (IKM) sampai bisa tahan antara 306 hari bahkan satu tahun tergantung kemasan dan lain-lain,” ujarnya. (ahm)

tag: #kementerian-perdagangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Bisnis Lainnya
Bisnis

Kaca Mobil Pecah karena Tindak Kejahatan Apakah Diganti oleh Asuransi?

Oleh windarto
pada hari Kamis, 06 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Tak dapat dipungkiri bagi warga yang tinggal di kota besar, mobil menjadi alat transportasi andalan untuk membantu mobilitas harian. Namun risiko tindak kejahatan dapat ...
Bisnis

Bali dibuka Kembali Munculkan Angin Segar untuk Asuransi Perjalanan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dibukanya kembali Bali sebagai destinasi wisata domestik pada 31 Juli lalu, merupakan angin segar untuk pelaku industri pariwisata termasuk asuransi perjalanan. Hal ini ...