Opini
Oleh Athian Ali M. Da'i (Ketua Forum Ulama Ummat Indonesia/FUUI) pada hari Minggu, 10 Feb 2019 - 22:14:44 WIB
Bagikan Berita ini :

PBB dan Hak Pilih

tscom_news_photo_1549811684.jpg
Partai Bulan Bintang (Sumber foto : ist)

Semula saya agak kurang tertarik untuk menanggapi berbagai pertanyaan baik yang langsung , maupun yang lewat sms dan atau WA, perihal keputusan pribadi Pak Yusril Ihza Mahendra, yang kemudian "diamini" sebagian para elit Partai Bulan Bintang (PBB) dalam kongres partai yang baru-baru ini memutuskan mendukung dan akan memilih capres- cawapres no.01.

Namun karena pernyataan dan pertanyaan semakin deras mengalir, maka saya mencoba memberikan tanggapan singkat di bawah ini.

Adalah hak pribadi Pak Yusril dan juga hak sebagian dari elite PBB untuk memilih apa pun yang menjadi sikap politiknya. Begitu juga menjadi hak bagi sebagian elit politik dan para caleg PBB lainnya untuk tidak setuju, mengecam bahkan menyatakan diri keluar dari partai dan dari pencalonannya sebagai anggota legislatif dari PBB.

Pak Yusril sendiri sudah mempersilakan dan telah pula menginstruksikan pengurus partai, untuk membantu menangani semua yang terkait dengan urusan administrasi bagi yang ingin keluar dari Partai.

Jangankan hanya menentukan pilihan dalam berpolitik, bahkan memilih kafir setelah beriman adalah kebebasan mutlak yang sepenuhnya diberikan Alloh SWT kepada setiap manusia, yang sudah seharusnya dihormati oleh semua pihak.

Ummat boleh saja kecewa, bingung dan bertanya: "bagaimana mungkin Partai yang kelahirannya dibidani tokoh-tokoh Masyumi bisa menetapkan pilihan yang kontradiksi seperti itu?"

Kecewa sih wajar-wajar saja, tapi mengapa juga harus bingung ? Bukankah Said Agil Siroj juga acapkali membuat pernyataan dan kebijakan yang berbeda dengan prinsip dan kebijakan serta pandangan pendiri NU, K.H. Hasjim Asj'ari dan juga keputusan politik untuk kembali ke khiththah 26.

Bahkan beberapa dari pernyataan yang bersangkutan tidak hanya membingungkan ummat Islam di luar NU, tapi juga tidak sedikit dari tokoh NU sendiri yang mengecam dan menetapkan sikap "Tafarruk" (memisahkan diri) dari kepengurusan PBNU yang ada sekarang.

Bahkan, K.H.Salahudin Wahid dalam dua artikelnya di Harian Umum REPUBLIKA dan juga di dalam berbagai kesempatan, dengan tegas sekali menyatakan tidak mengakui kepemimpinan PBNU yang ada sekarang, sekaligus mengingatkan warga nahdiyyin dan ummat Islam umumnya, untuk tidak terjebak menyamakan "Jam'iyyah" ( Kepengurusan PBNU) yang ada sekarang, dengan prinsip dan pandangan "Jamaah" Nahdiyyin pada umumnya.

Seharusnya ummat sudah tidak harus kaget dan bingung lagi dengan fenomena seperti ini, karena bukankah ummat sudah terbiasa menyaksikan adegan yang serupa ditampilkan juga oleh beberapa partai berartribut dan berbasis Islam?

Bukankah Partai yang dulu didirikan sebagai wadah perjuangan ummat Islam sudah jauh lebih dulu mati- matian mendukung capres-cawapres no.01, bahkan berada di garis depan mendukung penuh penista Agama?

Jadi apa yang harus dibingungkan? Tidak ada bukan?

Mereka punya hak menentukan pilihan, ummat juga memiliki hak mutlak yang sama dalam menentukan pilihan!

Ummat punya hak untuk tidak memilih capres-cawapres yang tidak layak dipilih menurut ummat, begitu pula caleg- caleg dari partai-partai yang diyakini ummat sudah tidak lagi mewakili aspirasi, visi -misi dan perjuangan ummat Islam.

Sederhana sekali bukan?

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #pbb  #yusrilihza  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Opini Lainnya
Opini

In Prabowo We Trust" dan Nasib Bangsa Ke Depan

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya kemarin di acara berbuka puasa bersama, "Partai Demokrat bersama Presiden Terpilih", tanpa Gibran hadir, kemarin, ...
Opini

MK Segera saja Bertaubat, Bela Rakyat atau Bubar jalan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) segera bertaubat. Mumpung ini bulan Ramadhan. Segera mensucikan diri dari putusan-putusan nya yang menciderai keadilan masyarakat.  Di ...