Berita
Oleh Fitriani pada hari Senin, 11 Mar 2019 - 17:32:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Jelang Debat Cawapres, JPPI: Ada Lima Poin yang Mesti Dikupas

tscom_news_photo_1552300348.jpg
Ma'ruf Amin Vs Sandiaga Uno (Sumber foto : Ist)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN) --Jelang debat Pilpres 2019 putaran ketiga17 Maret 2019 mendatang,Calon Wakil Presiden (Cawapres) paslon nomor urut 01,Ma"ruf Amin akan head to head denganpaslon nomor urut 02 Sandiaga Uno.

Dalam debat ini kedua Cawapres akan mengupastema tentang Pendidikan, Kesehatan dan juga Sumber Daya Manusia (SDM).

Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI), UbaidMatraji menyebut, ada empat poinpenting yang mesti disorot oleh kedua Cawapres tersebut.

Pertama, perihal kualitas pendidikan yang masih rendah. Kedua, tingkat literasi yang masih rendah. Ketiga, kualitas dan kuantitas guru yang masihbermasalah.

Selanjutnya,keempat, alokasi anggaran pendidikan yang masih berorientasi pada gaji guru dan belum pada peningkatan kualitas. Kelima, akses pendidikan bagi kelompok-kelompok yang terekslusi. Misalnya, anak-anak difable, kelompok minoritas, korban konflik, perempuan yang terdiskriminasi.

"Kelima point itu penting untuk dibahas, karena selama empat tahun ini, belum ada perubahan yang cukup signifikan. Masih gitu-gitu aja," kata Ubaid, kepada TeropongSenayan, pada Senin (11/3/2019).

Selain itu, terang Ubaid, selama empat tahun terakhir memang perkembangan di bidang pendidikan masih stagnan, alokasi anggaran pendidikan juga tidak ada perubahan yang berarti, lantaran semestinya gaji guru itu diluar 20 persen anggaran pendidikan.

"Alokasi anggaran yang 20 persen itu gak ada perubahan, dari dulu 70-80 persen kesedot belanja pegawai, bukan pada peningkatankualias, yang banyak perubahan di era Jokowi adalah soal akses pendidikan, ini dirasa ada perubahan. Misalnya soal Kartu Indonesia Pintar (KIP), ini sangat membantu. Semantara untuk kuantitas guru, mulai ditambah tapi persebarannya masih bermasalah," pungkasnya. (Alf)

tag: #maruf-amin  #pilpres-2019  #sandiagauno  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...