Berita
Oleh pamudji pada hari Senin, 27 Mei 2019 - 22:53:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Perang Dagang AS-China Lebih Mengkhawatirkan Ketimbang Situasi Politik

tscom_news_photo_1558972417.jpeg
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menyebut kondisi politik di dalam negeri tidak lebih mengkhawatirkan dibandingkan dengan perang dagang antara AS dan China.

Menurut Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) itu, dunia usaha masih sangat percaya diri kondisi politik di dalam negeri tidak akan mengganggu bisnis dan perdagangan secara signifikan.

"Confidence level dunia usaha sangat tinggi. Mungkin kemarin ada kerusuhan, tapi dalam satu dua hari ini terungkap dan ke depan proses hukum akan lebih transparan sehingga masyarakat tidak akan dibingungkan dengan berita simpang siur," katanya dalam diskusi KEIN di Jakarta, Senin (27/5/2019).

Menurut Hariyadi, keyakinan itu justru berbanding terbalik dengan apa yang dirasakan dunia usaha terhadap situasi perang dagang antara AS dan China.

"Kalau dunia usaha, confidence level bagus tetapi situasi perang dagang AS-China cukup mengkhawatirkan. Ketegangan kita harap segera berakhir," ujarnya.

Meski menimbulkan ketidakpastian, perang dagang antara dua negara besar itu, menurut Hariyadi, juga membuka peluang bagi Indonesia.

"Ada barang AS yang tidak terserap China bisa kita ambil. Begitu pula barang China yang tidak bisa masuk AS. Tapi kembali lagi, semua tergantung pada seberapa cepat kita merespon," katanya.

Anggota KEIN Hendri Saparini mengingatkan Indonesia memang harus bersiap menghadapi perjalanan ketidakpastian yang semakin panjang, terutama karena perang dagang antara AS dan China.

Kondisi tersebut disebutnya akan sangat berdampak bagi Indonesia yang ekonominya sangat dipengaruhi oleh perkembangan global.

"Kita sebagai negara terbuka, yang ekonominya dipengaruhi oleh global, baik lewat perdagangan maupun investasi, kita akan terdampak dari itu (perang dagang)," pungkasnya.(plt)

tag: #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan Ir. Ali Wongso Sinaga
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Dompet Dhuafa: Sedekah Yatim
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Dompet Dhuafa: Parsel Ramadan
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi Demokrat Harap Penggabungan Dua Kementerian Jauh Dari Intervensi Politik

Oleh Bachtiar
pada hari Selasa, 13 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Anwar Hafid berharap agar penggabungan Kemendikbud dengan Kemenristek dapat melahirkan kebijakan yang lebih produktif bagi dunia ...
Berita

DPR Harap Pembentukan Keminves Bisa Selesaikan Masalah Klasik Birokrasi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Najib Qodratullah mengatakan, dengan terbentuknya Kementerian Investasi (Kemeinves) dapat menyelesaikan masalah klasik yakni persoalan ...