Oleh Ahmad Syaikh pada hari Rabu, 11 Des 2019 - 14:52:14 WIB
Bagikan Berita ini :

UN Dihapus, Wapres Minta Siaspkan Sistem Sepadan

tscom_news_photo_1576050734.jpg
Wapres RI, KH Ma'ruf Amin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin menilai rencana penghapusan ujian nasional bisa dilakukan selama ada sistem pengganti yang digunakan sebagai tolok ukur akademis para siswa.

Dengan begitu, Ma"ruf mengharuskan adanya alat ukur yang efektif yang bisa mengukur standar daripada pendidikan di masing-masing daerah. Jika tidak menurut dia UN harus tetap diterapkan.

"Sistem pengganti UN harus dapat mengukur kompetensi akademis siswa secara nasional. Standar kemampuan siswa di berbagai daerah tidak bisa dianggap sama rata sehingga sistem UN masih penting untuk diterapkan", tegasnya.

Selama ini, menurut Ma’ruf, UN menjadi media untuk mengukur standar kemampuan anak didik di berbagai tingkatan. Pasalnya, pendidikan selain melahirkan, memiliki kompetensi, juga memiliki integritas, dan juga tata nilai.

"Maka UN itu kan alat ukur untuk mengukur standar daripada anak didik dari berbagai tingkatan,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menerapkan empat program pembelajaran nasional, yang salah satunya menghapuskan UN.

Nadiem mengatakan pelaksanaan UN di 2020 akan menjadi yang terakhir karena kemudian sistemnya akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

Sistem tersebut terdiri atas kemampuan bernalar menggunakan bahasa, kemampuan bernalar menggunakan matematika dan penguatan pendidikan karakter. (ahm)

tag: #maruf-amin  #kemendikbud  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...