Oleh pamudji pada hari Rabu, 01 Jan 2020 - 19:29:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Penerbangan Batal, Maskapai Diminta Kembalikan Uang Tiket

tscom_news_photo_1577881771.jpeg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Penumpang pesawat yang penerbangannya dibatalkan gara-gara banjir berhak mendapat pengembalian uang tiket. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta seluruh maskapai untuk melakukan pengembalian atau refund kepada penumpang yang dibatalkan penerbangannya akibat banjir.

Melalui Surat Edaran No. SE 15 Tahun 2019, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub meminta seluruh maskapai menerapkan prosedur rencana kontingensi penerbangan. Tujuannya, memudahkan penumpang menyusun ulang rencana perjalanan mereka di tengah keadaan darurat akibat cuaca ekstrem.

"Di antaranya, reschedule atau menjadwalkan kembali penerbangan, re-route atau pemindahan ke penerbangan badan usaha angkutan udara lainnya, dan juga pembatalan penerbangan dengan pengembalian uang tiket (refund) sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Polana B Pramesti, Rabu (1/1/2020).

Ia memaparkan seluruh maskapai perlu memberlakukan ketentuan penggantian tiket sesuai dengan peraturan. Para penumpang pesawat, lanjutnya, juga berhak menjadwal ulang penerbangan jika terjadi pembatalan penerbangan karena faktor cuaca.

Polana menuturkan cuaca ekstrem yang melanda hampir seluruh wilayah Indonesia saat ini sangat berdampak pada operasional penerbangan.(plt)

tag: #dunia-penerbangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Bisnis

Kaca Mobil Pecah karena Tindak Kejahatan Apakah Diganti oleh Asuransi?

Oleh windarto
pada hari Kamis, 06 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Tak dapat dipungkiri bagi warga yang tinggal di kota besar, mobil menjadi alat transportasi andalan untuk membantu mobilitas harian. Namun risiko tindak kejahatan dapat ...
Bisnis

Bali dibuka Kembali Munculkan Angin Segar untuk Asuransi Perjalanan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dibukanya kembali Bali sebagai destinasi wisata domestik pada 31 Juli lalu, merupakan angin segar untuk pelaku industri pariwisata termasuk asuransi perjalanan. Hal ini ...