Jokowi ke Natuna, Kapal China Tiba-tiba 'Hilang'

Oleh Sahlan_ake pada hari Rabu, 08 Jan 2020 - 14:31:14 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1578468674.jpg

Jokowi ke Natuna (Sumber foto : Istimewa)

Advertisement

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden Joko Widodo mengecek secara langsung situasi di perairan Natuna Riau, Rabu (8/1). Kehadiran Jokowi juga untuk melakukan pertemuan dengan ratusan nelayan.

Ia memastikan bahwa wilayah Natuna merupakan teritorial NKRI sehingga tidak perlu lagi ada pihak yang meragukannya.

"Hari ini saya ingin memastikan dan memberitahukan bahwa Kepulauan Natuna adalah teritorial kita yang masuk dalam NKRI," kata Jokowi ketika bertemu dengan nelayan Natuna di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu Natuna, Kepri, Rabu (8/1/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebutkan sampai saat ini tidak ada kapal negara asing yang masuk ke wilayah teritorial RI.

"Saya tanyakan ke Panglima TNI ada kapal yang masuk ke wilayah teritorial Indonesia, katanya gak ada," katanya.

Ia menyebutkan yang ada, kapal asing yang masuk ke ZEE. "Itu lewat semua kapal bisa, tapi hati-hati kalau dia nyuri ikan baru itu diusir atau ditangkap, tapi itu tidak masuk dalam teritorial Indonesia," katanya.

Seperti diberitakan, sejumlah kapal asing penangkap ikan milik China diketahui memasuki Perairan Natuna, Kepulauan Riau. Kapal-kapal tersebut masuk perairan Indonesia pada 19 Desember 2019.

Kapal-kapal China yang masuk dinyatakan telah melanggar exclusive economic zone (ZEE) Indonesia dan melakukan kegiatan Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing (IUUF).


Selain itu, Coast Guard China juga dinyatakan melanggar kedaulatan di perairan Natuna. (Al)

tag: #  

Bagikan Berita ini :