Bisnis
Oleh Emka Abdullah pada hari Senin, 25 Mei 2015 - 19:40:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Formappi Pesimistis Hari Legislasi Berhasil

96tscom-luciuskarus-25515.jpg
Peneliti Formappi Lucius Karus (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

Jakarta (TEROPONGSENAYAN) - Kinerja DPR RI hasil pemilu 2014 dinilai sangat rendah. Sejak dilantik Oktober 2014 hingga kini, belum ada satu pun undang-undang yang dihasilkan DPR, kecuali dua undang-undang yang merupakan Perppu.

Untuk mengejar ketertinggalan itu, DPR akan mencanangkan "Hari Legislasi" yaitu ada satu hari dalam seminggu seluruh komisi masuk untuk membahas RUU yang menjadi tugas masing-masing.

Peneliti Formappi (Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia) Lucius Karus mengaku pesimistis pencanangan "Hari Legislasi" mampu meningkatkan kinerja DPR dalam membuat undang-undang.

Menurut Lucius, pada periode 2009-20014, "Hari Legislasi" sudah pernah diterapkan tetapi tidak berhasil. "Menurut saya kuncinya bukan pada ada tidaknya waktu khusus. Kunci masalahnya ada pada mental anggota," ujar Lucius kepada TeropongSenayan di Jakarta, Senin (25/5/2015).

Lucius mengatakan, kebanyakan anggota DPR punya mental kerja yang kurang baik, kurang disiplin dan kemampuan akademik yang tidak memadai. "Selain itu mereka juga lebih menempatkan diri sebagai birokrat sehingga tidak mau berpacu menyelesaikan tugasnya membuat undang-undang," papar Lucius.

Untuk mengejar menyelesaikan banyak undang-undang yang terbengkalai, Lucius minta agar partai politik menidisiplinkan para anggotanya. "Ya partai politik harus menekan, memaksa anggotanya di parlemen untuk kerja keras. Kalau perlu ada sanksi," terang Lucius.

Ia yakin kalau mental para anggota Dewan sudah dibenahi, kinerja parlemen secara menyeluruh akan meningkat.(al)

tag: #Kinerja legislasi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement