Bisnis

Komisaris Mandiri dan BRI Bertukar Tempat

Oleh Aries Kelana pada hari Rabu, 19 Feb 2020 - 20:59:00 WIB

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1582120740.jpg

Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa RUPS/RUPSLB) Bank Mandiri Tbk telah berlangsung di Menara Mandiri, SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu pagi (19/2).


Dalam rapat tersebut, jajaran direksi melaporkan kinerja bank plat merah ini. Di situ laba bersih tahun 2019 yang diaudit tercatat Rp27,5 triliun atau tumbuh 9,9% dibandingkan setahun sebelumnya.

Dari jumlah tersebut, RUPS Mandiri sepakat untuk membagikan Rp16,49 triliun atau 60% dari laba. Sisanya akan dimanfaatkan sebagai laba ditahan.

Dengan angka tersebut maka setiap lembar saham akan dihargai Rp353,34. Harga saham pun lebih baik daripada tahun sebelumnya yang seharga Rp241 per lembar.

“Penetapan besaran dividen tersebut telah memperhatikan kebutuhan likuiditas perseroan dalam mengembangkan bisnis dan memenuhi ketentuan terbaru regulator,” kata Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar.

Namun yang menarik dari rapat pemegang saham itu justru terletak pada RUPSLB. Di situ terlihat adanya pertukaran pengurus, terutama jajaran komisaris dengan susunan komisaris Bank BRI Tbk yang digelar Selasa lalu (18/2)..

Sebut saja, Kartika Wirjoatmodjo. Kartika sebelumnya menjadi Komisaris Utama Mandiri. Namun dalam RUPSLB BRI, ia ditunjuk menjadi Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia. Sedangkan pengganti Kartika di Mandiri adalah Chatib Basri yang tak lain mantan Menteri Keuangan jaman pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tapi ada komisaris yang semula dulu di BRI kini berganti kursi menjadi komisaris di Mandiri. Adrianof A Chaniago yang duduk sebagai Komisaris Utama di BRI, dipindahkan ke Mandiri tapi posisinya sebagai Wakil Komisaris Utama Mandiri. Adrinof yang juga mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ini merupakan komisaris independen di Mandiri.

Berikut nama-nama Pengurus Bank Mandiri hasil RUPSLB Bank Mandiri Rabu (19/2):

Direksi
Direktur Utama: Royke Tumilaar
Wakil Direktur Utama Hery Gunardi
Direktur: Aquarius Rudianto
Direktur: Ahmad Siddik Badruddin
Direktur: Rico Usthavia Frans
Direktur: Darmawan Junaidi
Direktur: Alexandra Askandar
Direktur: Agus Dwi Handaya
Direktur: Panji Irawan
Direktur: Donsuwan Simatupang
Direktur: Rudian
Direktur: Silvano Rumantir

Komisaris:
Komisaris Utama M. ChatibBasri
Wakil Komisaris Utama Andrinof Chaniago
Komisaris Independen MohamadNasir
Komisaris Independen Boedi Armanto
Komisaris Independen Loeke Larasati Agoestina
Komisaris Ardan Adiperdana
Komisaris Nawal Nely
Komisaris FariedUtomo
Komisaris Arif Budimanta
Komisaris Rionald Silaban

tag: #bank-mandiri  
Advertisement

Bagikan Berita ini :

Aplikasi TeropongSenayan.com

Advertisement

JakOne Samsat

Advertisement