Oleh I Nyoman Parta Anggota Komisi VI DPR RI dari fraksi PDIP pada hari Selasa, 24 Mar 2020 - 19:29:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Nyepi Langkah Nyata Merawat Bumi

tscom_news_photo_1585052993.jpg
I Nyoman Parta Anggota komisi VI DPR RI (Sumber foto : Istimewa)

Besok Bali akan sunyi selama sehari. Setelah itu, semua pintu masuk Bali akan ditutup selama ini perayaan Nyepi, mulai dari lima pelabuhan laut yang ada di Bali hingga Bandara Internasional Ngurah Rai.

Sejak beberapa dasawarsa yang lalu sampai sekarang ini, isu tentang kondisi alam kita makin mencemaskan. Ibarat rumah tinggal, fungsi dan manfaat alam sudah kurang memberikan rasa nyaman lagi bagi penghuninya. Tapi jangan sampai ini berlanjut, maka bumi harus kita rawat bersama.

Sejak beberapa tahun terakhir ini dunia telah mengusung gagasan-gagasan reflektif namun serius tentang bagaimana melestarikan alam, sebagaimana halnya kita memelihara rumah sendiri.

Tahun lalu misalnya, dunia telah menggulirkan ide Connecting People to Nature, yang berarti hubungan manusia dengan alam atau terjemahan bebasnya adalah berhubungan dengan alam.

Gagasan ini tampak sangat klasik dan biasa-biasa saja. Tapi jika kita refleksikan dengan baik maka akan beraneka pesan moral yang disampaikannya tentang bagaimana seharusnya kita jutaan umat manusia di seluruh dunia, termasuk kita di Indonesia, sebagai satu-satunya makhluk hidup ciptaan Tuhan yang berakal budi di alam semesta, memperlakukan alam dengan baik dan arif-bijaksana untuk menciptakan lingkungan hidup yang kondusif dan baik.

Apa kaitannya dengan Nyepi?

Ternyata Nyepi juga menjadi inspirasi dunia untuk mengurangi polusi.

Selain menjadi daya tarik wisatawan, Nyepi di Bali juga memiliki keunikan lain. Bali dapat mereduksi emisi gas karbondioksida sekitar 20.000 ton saat Nyepi. Bisa dikatakan, Bali memiliki kesempatan sehari untuk menyegarkan diri.(Seva.id)

Lalu, terjadi penghematan listrik, air, dan bahan bakar lainnya sampai dengan 70 persen, atau setara dengan Rp 4,5 miliar.

Artinya, Hari Raya Nyepi akan menghemat sekitar 300 megawatt listrik serta ratusan ribu liter bahan bakar minyak dalam sehari.

Diluar sisi ekonomi, Nyepi menyajikan ketenangan yang luar biasa. Setelah setahun merasakan kesibukan yang terjadi, seluruh masyarakat Bali bisa menyegarkan diri dalam sehari tanpa adanya kegiatan dan suara kendaraan.

Udara bersih, seakan memberikan kesempatan seisi alam menikmati alam yang original. Terlebih saat malam hari, kita dapat menyaksikan keagungan Tuhan dengan indahnya taburan bintang-bintang yang luar biasa dan memberikan kesempatan untuk kita merefleksikan diri.

Hiruk pikuk Bali sebagai ‘The Island of God’ seketika padam. Geliat pariwisata yang sehari-hari bergejolak tanpa henti, sehari senyap bersamaan dengan padamnya listrik dan jaringan internet di seluruh wilayah.

dengan Nyepi, hasilnya menghemat kebutuhan listrik bisa dibandingkan pada Earth Hour 2018 lalu. Jika masyarakat Bali mematikan listrik selama 1 jam, dapat menghemat Rp249 Juta Bagaimana menghemat energi listrik selama 24 jam?

Seluruh rangkaian Nyepi merupakan sebuah dialog spiritual yang dilakukan umat Hindu agar kehidupan ini selalu seimbang dan harmonis sehingga ketenangan dan kedamaian hidup bisa terwujud.

Terlebih, Ngembak Geni dengan Dharma Shantinya merupakan kesempatan untuk menjalin silahturahmi.

Pada Hakekatnya, Hari Raya Nyepi adalah dimana umat hindu melakukan amati geni yaitu mengadakan Samadhi agar diberikan kekuatan untuk bisa menjalankan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

Selamat Hari Raya Nyepi Caka 1942. Dumogi Shanti, Rahayu sareng sami🙏

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Opini

Ahlan Wa Sahlan Prabowo Sang Rajawali!

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi sudah memutuskan Prabowo Subianto sah sebagai Presiden RI ke delapan. Itu adalah takdir Prabowo yang biasa dipanggil 08 oleh koleganya. Keputusan MK ...
Opini

Jalan Itu Tidaklah Sunyi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --"Jika Mamah jadi penguasa apakah Mamah akan menjadikan anak Mamah pejabat saat Mama berkuasa?" Itu pertanyaan anakku malam ini. Aku mendengarkan anakku ini. ...