Oleh Rihad pada hari Wednesday, 01 Apr 2020 - 18:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Polisi Akui Akurasi Rapid Test Hanya 80 Persen

tscom_news_photo_1585739962.jpg
Brigjen Pol Musyafak (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Sebanyak 300 siswa polisi Setukpa Lemdikpol Polri di kota Sukabumi, Jawa Barat dinyatakan positif setelah menjalani tes cepat (rapid test). Namun masyarakat diminta tetap menunggu tes Swab yang akan dilakukan terhadap para polisi tersebut. Kepala Pusat Kedokteran Kesehatan (Kapusdokkes) Polri Brigjen Pol Musyafak menegaskan rapid test tidak memastikan positif corona. “Akurasi rapid test hanya 80 persen, tidak seperti Swab yang akurasinya mendekati 100 persen,” kata Musyafak, Rabu (1/4/2020).

Selain itu, rapid test tidak terfokus untuk covid-19 saja, sehingga tidak dapat jadi rujukan utama. Untuk pemeriksaan tes SWAB dan PCR akan dilakukan di hari ke-14. Pemeriksaan ini merupakan tahapan akhir untuk mengetahui positif covid-19 atau tidak.

Teropong Juga:

300 Siswa Polisi Setukpa Lemdikpol Polri di Sukabumi Dinyatakan Positif

“Sebanyak 300 siswa ini kami perlakukan dan tangani seperti halnya Orang Dalam Pemantauan. Proses belajar mengajar dihentikan dan siswa diisolasi sebagaimana penanganan ODP,” ujarnya. Para siswa diberikan obat-obatan dan vitamin injeksi 1.000 mg setiap pekannya.

Selain itu, para siswa juga sudah dilakukan foto rontgen untuk mengetahui apakah sudah ada gangguan di dalam paru-paru menandakan pneumonia atau tidak. Musyafak menuturkan, kondisi kesehatan 300 siswa sama sekali tak menunjukkan gejala-gejala Corona Covid-19 seperti batuk, atau demam. Musyafak menyatakan, hasil rontgen paru-parunya pun normal. "Kondisi sehat sekali," ucap dia.

Musyafak mengatakan, masyarakat yang berada di sekitar Setukpa Lemdikpol tak perlu khawatir dengan adanya kasus ini. Setukpa ini luasnya 40 hektare, dan para polisi diisolasi di dalam asrama. “Karena siswa 300 pelaksanaannya diisolasi di suatu tempat, kegiatannya adalah olahraga ringan dan berjemur. Jadi jangan khawatir dan jangan panik,” katanya.

tag: #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...