Bisnis
Oleh Rihad pada hari Friday, 08 Mei 2020 - 08:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Ekonomi Dalam Negeri Loyo, Sarung Goyor Kejar Ekspor

tscom_news_photo_1588891467.jpg
Ilustrasi sarung Goyor (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) Ada beberapa industri kecil menengah yang masih eksis di tengah pandemi Corona.

Salah satunya, 0T Altatex Jaya yang ada di Jl Kauman Tengah, Tegal, Jawa Tengah. Produsen sarung goyor ini masih tetap ekspor ke beberapa negara Timur Tengah. Tak hanya itu, ada pula UKM produksi batik tulis Cempaka Mulya yang tetap berproduksi. Dengan 200 pekerja, UKM itu masih berproduksi dan menerima pesanan dari luar.

Untuk industri sarung goyor, industri ini dijalankan dua kakak beradik bernama Fahmi Lukman dan Nabil Lukman ini masih berjalan sampai saat ini. Meski Pasar Jeddah Arab Saudi tutup karena lockdown, tetapi pasar lain masih bagus. “Di Dubai, Kenya dan Somalia masih menerima. Kami sampai sekarang masih tetap ekspor ke negara-negara itu,” kata Fahmi dikutip dari Radar Tegal.

“Bahkan karena pesanan meningkat, kami sampai kesulitan mencari karyawan. Akhirnya, kami melakukan pelatihan dan memberdayakan saudara-saudara yang ada di Lembaga Pemasyarakatan,” kata Fahmi yang memulai usaha sejak 2012 lalu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang melakukan kunjungan kerja ke Kota Tegal menyempatkan untuk mampir. .

“Saya senang, di tengah kondisi ini masih ada industri kecil yang tetap berjalan bahkan ekspor. Ini bagus sekali, masih beroperasi dan merekrut karyawan,” kata Ganjar.

Ganjar meminta kepala daerah lain untuk mencari industri besar, kecil dan menengah yang masih bisa berproduksi, khususnya mereka yang ekspor. “Kalau di tempat lain ada yang seperti ini, tolong dibantu habis-habisan. Didorong habis-habisan agar ekonomi tumbuh. Apalagi ini ekspor, bisa meningkatkan devisa kita,” imbuhnya.

Ekonomi Jateng pertumbuhannya saat ini menurun drastis, hanya 2,6 persen. Beberapa industri yang masih bisa berjalan, akan diberikan dorongan. Pihaknya juga sedang menyiapkan untuk membantu industri mikro lain. Dengan Jaring Pengaman Sosial ditambah Jaring Pengaman Ekonomi yang disiapkan, diharapkan mereka, para pelaku industri kecil dan mikro bisa tetap produktif di rumah.

tag: #ukm  #ekspor  #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement