Oleh Aries Kelana pada hari Senin, 11 Mei 2020 - 19:44:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Sebanyak 19 Tentara Tewas Gegara Kapal Perang Salah Tembak

tscom_news_photo_1589201052.jpg
Kapal Iran Dalam latihan militer (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Pemerintah Iran menggelar latihan perang. Namun dalam latihan tersebut, terjadi insiden yang memakan korban. Sebanyak 19 tentara tewas terkena lontaran peluru kendali yang ditembakkan oleh kapal fregat Jamaran.

Seperti dilansir reuters.com (11/5/2020), tanpa sengaja kapal tersebut menembakkan rudal ke arah kapal Fonarak di laut Oman. Kapal Fonarak tak bereakisi setelah serangan itu. Selain 15 orang tewas, 15 lainnya terluka.

"Insiden itu terjadi di perimeter pelabuhan Bandar-e Jask selatan Iran di Teluk Oman selama latihan Angkatan Laut Iran pada hari Minggu sore, di mana 19 pelaut tewas dan 15 lainnya terluka," kata TV pemerintah, mengutip pernyataan angkatan laut setempat.

Pernyataan angkatan laut mengatakan penyelidikan sedang dilakukan mengenai penyebab insiden itu. Belum diketahui kondisi Konarak setelah tertembak. Perlu diketahui bahwa Konarak dibeli Iran pada 1979, namun dirombak pada 2018 dengan ditambah empat rudal jelajah.

Insiden tersebut terjadi ketika tentara Iran tengah mengantisipasi ketegangan yang meningkat dengan Amerika Serikat (AS). Sejak 2018 hubungan kedua negara memanas. Apalagi setelah AS menarik diri dari kesepakatan nuklir. AS lalu menambah sanksi ekonomi kepada Teheran.

Awal tahun ketegangan memuncak. Setelah drone milik AS berhasil menewaskan komandan militer Iran Qassem Soleimani. Iran membalas pada 9 Januari dengan menembakkan rudal ke pangkalan militer AS di Irak.

Kemudian pada hari itu, angkatan bersenjata Iran menembak jatuh sebuah pesawat Ukraina, menewaskan semua 176 orang di atas kapal, dalam apa yang kemudian diakui oleh militer adalah kesalahan.

tag: #iran  #kapal-perang  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...