Oleh Alfin Pulungan pada hari Minggu, 31 Mei 2020 - 13:14:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Guru Besar UNS: Indonesia Sudah Siap Masuk Tahun Ajaran Baru

tscom_news_photo_1590905322.jpg
Ilustrasi aktivitas belajar mengajar di sekolah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Guru Besar Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) Joko Nurkamto menilai Indonesia sudah bisa memulai pendidikan tahun ajaran baru 2020/2021 dalam situasi pandemi korona saat ini. Pasalnya, kurva penyebaran virus sudah sedemikian melandai hingga bisa menerapkan kehidupan dengan tata laksana normal baru alias new normal.

"Hanya kesiapan dimaksud kembali pada bagaimana menyesuaikan dengan aturan tata laksana kehidupan normal baru (‘new normal’) yang sekarang sedang dikaji pemerintah," kata Joko dalam keterangannya, Ahad, 31 Mei 2020.

Joko menjelaskan agar kesiapan memulai tahun ajaran baru pada Juli 2020 tidak ada kendala maka mekanisme protokol kesehatan yang ketat baik di lingkungan pendidikan maupun lingkungan tempat tinggal.

"Tahun ajaran baru memang harus terlaksana, meski dengan syarat serta aturan yang sulit, bahkan tidak nyaman. Supaya sistem dan kualitas pendidikan nasional tetap stabil sekaligus berkualitas," ujarnya.


TEROPONG JUGA:

> DPR Minta Kemendikbud Persiapkan Skenario Tahun Ajaran Baru Secara Matang


Ia menyarankan pemerintah harus mendorong sinergi antara pihak sekolah, orang tua murid hingga tenaga medis agar ada manajemen pengawasan di lingkungan. Hal ini dimaksudkan untuk memperkecil risiko terinfeksi virus.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim pekan depan baru akan menyampaikan mekanisme belajar mengajar di tengah pandemi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan tahun ajaran baru direncanakan bakal mulai berlangsung 13 Juli 2020 sesuai jadwal kalender akademik.

Hal ini dilakukan demi menjamin sinkronisasi kelulusan siswa sekolah serta pendaftaran perguruan tinggi yang sudah dimulai. Meski begitu, tahun ajaran baru bukan berarti membuat proses belajar mengajar di sekolah berlangsung melalui tatap muka seperti biasanya sebab wabah COVID-19 belum menurun laju penyebarannya.

tag: #sekolah  #pendidikan  #new-normal  #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...