Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 04 Jun 2020 - 06:18:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Sosok Bambang Patijaya Masuk DPR Ingin Berkontribusi Penuh Untuk Masyarakat Babel

tscom_news_photo_1591226339.jpg
Bambang Patijaya politikus Golkar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bambang Patijaya pria kelahiran Sungailiat, 11 Juli 1977, yang akrab disapa BPJ memang sangat dikenal dengan rasa kepedulian sosialnya yang sangat tinggi.

Hal ini lah yang melatar belakangani BPJ terjun kedunia politik dan pada Pemilu 2019 kemarin Bambang lolos ke Senayan dengan membawa bendera Partai Golkar untuk daerah pemilihan Bangka Belitung. Bambang ingin berkontribusi penuh untuk membantu masyarakat Babel.

Membantu sesama masyarakat bukan hal baru yang dilakukan oleh BPJ, sebelum menginjak DPR, dirinya sudah sering melakukan kegiatan sosial ke masyarakat dan turun langsung ke masyarakat. Dari situ dirinya melihat banyak orang-orang yang kurang mampu yang perlu bantuan/uluran tangan.

"Sebelum menjadi anggota dewan saya sering membantu masyarakat yang membutuhkan dari dana pribadi saya sendiri dan penyalurannya bisa dari mana saja baik organisasi kepemudaaan, kepartaiaan, yayasan dan yang lainnya. Disinilah tergerak hati saya ingin lebih berkontribusi kepada masyarakat Bangka Belitung pada jalur yang lebih formal agar ini bisa terkoordinir dengan baik dan tepat sasaran," kata Bambang pada TeropongSenayan, Kamis (4/6/2020).

Sebelum menjadi anggota DPR, Bambang dikenal sebagai pengusaha di Bangka Belitung. Selain itu juga dirinya pernah menjadi dosen disalah satu Perguruan Tinggi yang ada di Bangka Belitung.

"Saya juga aktif didalam beberapa organisasi baik dalam kepartaian dan organisasi kepemudaan dan mendirikan suatu yayasan agar mudah dalam melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat secara langsung," cerita Bambang.

Anggota DPR yang menduduki Komisi VI DPR RI sedikit menceritakan proses pencalonan dirinya sebagai wakil rakyat di DPR. Menurutnya, proses yang dilalui sama dengan Anggota DPR lainnya.

Hanya saja, kata ia, untuk mendapatkan kursi di DPR dirinya harus bekerja keras untuk mendapatkan simpatisan masyarakat agar lebih dikenal dan dapat dipilih oleh masyarakat Bangka Belitung dipercaya menjadi wakil mereka di Senayan.

Dengan daerah pemilihan di Provinsi Kepualauan Bangka Belitung. Provinsi baru yang berbentuk kepulauan yang terdiri dari 6 Kabupaten dan 1 Kota dengan luas16.424,23 Km2 . DPT saat Pemilu 2019 berlangsung kemarin yaitu 932.569 DPT yang tersebar di 3.800 TPS di 7 Kabupaten/Kota se Provisni Kepulauan Bangka Belitung.

Bangka Belitung itu terdiri dari 2 pulau yaitu pulau Bangka dan Belitung serta ada ratusan pulau-pulau kecil lainnya baik yang berpenghuni ataupun tidak.

"Kita terletak dibagian timur pulau Sumatra dekat dengan provinsi Sumatra Selatan. Dulu kita masih satu provinsi dengan Sumatra Selatan tapi tepat pada tahun 2000 kita berdiri sendiri menjadi provinsi sendiri," urainya.

Dengan jumlah penduduk di Bangka Belitung ± 1.488.800. Penduduk di Provinsi Kepualaun Bangka Belitung merupakan masyarakat yang beragama dan menjunjung tinggi kerukunan beragama. Dibuktikan dengan dalam satu lingkungan tempat tinggal hidup masyarakat dengan agama yang berbeda seperti selogan Bangka Belitung Serumpun Sebalai.

"Kami juga punya slogan yang pernah dipopulerkan oleh Mantan Gubernur Bangka Belitung periode 2002 – 2007 yaitu “Tong Ngin Fan Ngin Jit Jong” yang artinya Melayu, Tionghoa sama saja yang mana istilah ini menjadi cermin eratnya symbol kebhinekaan di Bangka Belitung," cetusnya.

Untuk mata pencarian masyarakat di Babel, Bambang mengatakan, rata-rata masyarakat disana banyak mengandalkan dari sektor pertanian, pertambangan dan perikanan.

Dalam sektor pertanian, kata Bambang, Bangka Belitung dikenal sebagai penghasil Lada, dalam pertambangan Bangka Belitung dikenal sebagai penghasil Timah dan untuk perikanan masyarakat memanfaatkan yang mana bentuk provinsi kepulauan yang banyak tempat untuk nelayan bersandar.

Kedepanya, kata ia, banyak tugas yang harus dirinya perbaiki dan perjuangkan untuk masyarakat Bangka pertama yaitu masalah sosial. "Kita harus menjaga kemajemukan atau pluralisme di masyarakat Bangka Belitung yang mana dari dulu Bangka Belitung dikenal dengan daerah yang kondusif," kata Bambang.

Yang kedua, lanjut ia, permasalah ekonomi saat ini. "Kita menyadari keadaan ekonomi saat ini sangat terburuk terkhususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mana masyarakat di Babel sangat tergantung kepada komoditas baik itu pertanian, perkebunan dan pertambangan yang mana secara global harga beberapa komoditi ini sedang berada dalam keadaan yang tidak baik," tambahnya.

Solusi yang akan dilakukan dirinya, pertama bagaimana cara untuk terus merawat dan memberikan sosialisasi dan kampanye yang positif kepada masyarakat dalam merawat kebhinekaan, persatuan dan kesatuan.

Sementara, untuk masalah ekonomi dalam menstabilkan harga komoditi unggulan yang ada di Bangka Belitung yaitu melalui fungsi saya di Komisi VI DPR RI saat ini sudah diusulakan untuk membuat Panja (Panitia Kerja) Perdagangan Komoditas Ekspor.

"Pada Panja ini diharapkan pada komoditi unggulan seperti lada dan lainnya dapat dipantau lebih mendalam dan kemudian dapat dicarikan solusi terhadap bagaimana perdagangan komoditas tersebut sehingga dapat terkontrol dengan baik dan harga pun kembali membaik," tegasnya.

Profil :

Nama : Bambang Patijaya, SE.,MM

Tempat/ Tgl Lahir : Sungailiat, 11 Juli 1977

Perjalanan Pendidikan :

1. SD Budi Utomo Sungailiat, Lulus tahun 1989

2. SMP Maria Goretti Sungailiat, Lulus tahun 1992

3. SMA Negeri 1 Sungailiat, Lulus tahun 1995

4. Sarjana Ekonomi Universitas Tarumanegara (UNTAR), Lulus tahun 2000

5. Magister Manajemen Perguruan Tinggi Bangka (Pertiba) , Lulus tahun 2012

Perjalanan Pekerjaan :

1. Komisaris di PT. Bahana Pratama Kontruksi

2. Manager di PT Bangka Cakra Karya

3. Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi Partai Golkar dapil Bangka Belitung

Karier :

1. Ketua DPD I KNPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2014 – 2017

2. Ketua Umum DPP Gemabudhi Periode 2016 – 2019

3. Ketua BPD PHRI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Periode 2017-2022

4. Mengikuti PPRA LV LEMHANNAS RI Tahun 2016 selama 7,5 bulan

5. Ketua IKAL (Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas) Komprov Bangka Belitung Periode 2018-2023

Prestasi Anggota DPR RI :

Penghargaan dari Teropong Parlemen Award 2020 oleh Media TeropongSenayan.com sebagai “Making News Person”

Visi :

Bekerja, Berkarya, Berkontribusi Untuk Bangka Belitung

Misi :

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui fungsi dan peran DPR RI.

tag: #bambang-patijaya  #partai-golkar  #babel  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Profil

Mengenal Jakob Oetama Wartawan dan Pebisnis Media Yang Sukses

Oleh Rihad
pada hari Rabu, 09 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama (88), meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (9/9/2020). Ia dikenal sebagai wartawan yang berhasil ...
Profil

Di Usia 34 Tahun, Fajrin Rasyid Siap Jawab Tantangan Erick

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Fajrin Rasyid sebagai Direktur Digital di PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). Pria berusia 34 ...