Oleh Rihad pada hari Selasa, 09 Jun 2020 - 16:19:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Kepada Al Jazeera, Anies Komentari Kebijakan Pemerintah Pusat Soal Pandemi. Apa Katanya?

tscom_news_photo_1591694350.jpg
Anies Baswedan (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Media internasional yang bermarkas di Qatar, Al Jazeera, memuat hasil wawancara dengan Gubernur Anies Baswedan, yang dipublikasikan hari ini, Selasa (9/6). Pertanyaan seputar pandemi Corona mendominasi wawancara. Tapi ada yang menarik, ketika wartawan sepertinya memancing Anies untuk mengomentari kebijakan pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Seperti biasanya Anies tetap kalem menjawabnya.

Anies ditanya tentang sikap pemerintah pusat yang dikritik tidak konsisten. Anies hanya menyatakan pada hakekatnya, publik membutuhkan pesan yang konsisten. "Sekarang, kami melakukan jauh lebih baik. Tetapi kami selalu bekerja dalam koordinasi yang erat dengan pemerintah pusat, kami selalu melaporkan kebijakan kami, dan pada kenyataannya, penegakan aturan kami adalah dengan bantuan pemerintah pusat," kata Anies.

Anies menyatakan yang dibutuhkan sekarang adalah sikap bersatu "Tidak masalah partai atau politik mana," kata Anies.

Bahkan Anies menyatakan seharusnya seluruh masyarakat mendukung Presiden. "Itu adalah hal yang sama di tingkat nasional; sekarang saatnya bagi kita untuk mendukung kebijakan presiden. Tantangannya kompleks dan berat, dan di seluruh Indonesia," ujar Anies.

Anies menjelaskan yang dibutuhkan adalah ketegasan, dan kejelasan dalam pesan, dan konsistensi.

Anies juga menjelaskan "normal baru" yang dicanangkan Presiden Jokowi. "Kami ingin kembali ke situasi di mana masyarakat kita merasa aman, dan bisa produktif. Kegiatan sosial, kegiatan budaya dan pendidikan semuanya dapat berfungsi, tetapi ada kebiasaan baru untuk dipelajari," ujar Anies.

Dia memberi contoh, di awal 90-an, semua pengendara sepeda motor tidak pernah memakai helm. "Kemudian, kami mengadopsi kebijakan itu. Sekarang, semua orang melakukannya, tetapi butuh waktu. Sekarang, mengenakan masker adalah sesuatu yang kita butuhkan untuk menjadi norma baru."

Al Jazeera bertanya juga tentang angka kematian, tentang jumlah tes rendah, dan kasus yang tidak terdeteksi. Anies ditanya apakah Jakarta aman?

"Ya. Kami perlu memastikan bahwa mereka siap, bahkan untuk skenario terburuk. Para dokter, paramedis, rumah sakit ... jika itu semua sudah siap, maka saya nyaman untuk memulai periode transisi ini."

tag: #anies-baswedan  #corona  #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...