Oleh Givary Apriman pada hari Selasa, 09 Jun 2020 - 21:42:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Warga Amerika Serikat Lakukan Aksi Untuk George Floyd, Fahri Hamzah : Seperti Aksi 212

tscom_news_photo_1591712618.jpeg
Fahri Hamzah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Politisi Partai Gelora, Fahri Hamzah mengatakan kalau aksi yang dilakukan oleh warga Amerika Serikat atas kematian George Floyd sama dengan aksi yang dilakukan warga Indonesia pada aksi 212.

Selain Aksi 212 di Indonesia, Fahri juga menyamakan aksi George Floyd dengan beberapa kejadian lainnya yang ada di negara-negara lain.

Mantan Wakil Ketua DPR RI itu menganggap apa yang terjadi saat ini di Amerika Serikat sama dengan berbagai aksi di negara lain tetapi efeknya yang berbeda.

"Apa yang terjadi di Amerika (#GeorgeFloyd) #AmericanSpring (juni 2020) hampir sama dgn yg terjadi di #ArabSpring (Desember 2010) Mulai di Tunisia (#Bouazizi) juga dengan yang terjadi di Indonesia (#Aksi212) Desember 2016. Perbedaannya pada efek kerusuhan dan pergantian rezim," tulis Fahri pada akun twitternya, Selasa (09/06/2020).

Aksi protes di AS mengecam “pembunuhan” yang dilakukan oleh petugas polisi Derek Chauvin terhadap George Floyd, seorang pria Afrika-Amerika berusia 46 tahun.

George meninggal setelah petugas polisi Derek Chauvin menekan lututnya di leher Floyd selama beberapa menit hingga menyebabkannya tidak bisa bernapas dan akhirnya tewas di tempat.

Selain itu, Warga Amerika Serikat juga menuntut kepada Pemerintah AS untuk mengentikan tindakan rasisme dan diskriminasi terhadap warga kulit hitam.

Namun aksi demonstrasi tersebut diwarnai kerusuhan dan penjarahan, beberapa gedung pun dikabarkan terbakar akibat aksi yang dilakukan oleh masa demonstrasi.

Sementara, pada Aksi 212 digelar pada 2 Desember 2016, tuntutan massa saat itu adalah terkait kasus penistaan agama yang menyeret Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, yang ketika itu masih menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Para demonstran aksi 212 menuntut Ahok untuk dipenjara karena dianggap menghina umat Muslim. Aksi ini disusupi dengan isu makar, karena para demonstran Aksi 212 juga menuntut Presiden Joko Widodo mundur dari jabatannya.

tag: #fahri-hamzah  #aksi-212  #george-floyd  #amerika-serikat  #ahok  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Tuding Ibas Tak Berwawasan, Wasekjen Demokrat: Jangan Bersikap ABS dan Meninggalkan Sejarah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 08 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Sekertaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Demokrat Irwan angkat bicara ihwal pernyataan sejumlah menteri Kabinet Jokowi serta politisi pendukung pemerintah yang ...
Berita

Legislator Muda Imbau Masyarakat Lebih Waspada Soal Maraknya Kasus Pembobolan Rekening ATM Lewat Setruk

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Industri perbankan tanah air kembali mendapat sorotan pasca terungkapnya kasus pembobolan rekening nasabah dengan memanfaatkan informasi yang tercantum pada setruk ...