Oleh Rihad pada hari Jumat, 26 Jun 2020 - 20:58:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Hutama Karya Kerahkan UMKM untuk Produksi Puluhan Ribu Masker

tscom_news_photo_1593179903.jpeg
Salah satu UMKM binaan Hutama Karya (Sumber foto : hutama karya)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pandemi Corona telah menyebabkan pelaku ekonomi khususnya UMKM menderita. Untuk membantu para pengusaha UMKM, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) menyalurkan berbagai bantuan di antaranya penyaluran ratusan ribu masker yang diproduksi oleh UMKM Lokal di Sumatera Utara.

Hutama Karya telah memberikan slot khusus untuk disalurkan kepada pelaku UMKM, sebesar Rp 1,7 miliar yang akan disalurkan ke 7 UMKM di Jabodetabek dan Sumatera Utara.

Dana tersebut berasal dari hasil penggalangan dana baik dari penyisihan gaji secara sukarela dari karyawan dan pemotongan THR Direksi dan Komisaris, serta dana CSR/PKBL.

Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan (SEVP) Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengatakan selain untuk mendorong produksi UMKM dan mitra binaan, dana bergulir dalam program kemitraan Hutama Karya tersebut juga dimaksudkan agar kondisi para mitra binaan tidak tertekan akibat pandemi COVID-19.

"Ketika Hutama Karya memutuskan untuk mengelola mitra binaan, maka kita memiliki tanggung jawab untuk terus hadir bagi mereka termasuk dalam kondisi seperti saat ini. Seperti APD, masker, dan sebagainya yang kami salurkan untuk masyarakat terdampak COVID-19, diproduksi oleh mitra binaan kami," kata Fauzan, Jumat (26/6/2020).

Hutama Karya juga menggunakan jasa produksi UMKM lokal yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara untuk pengadaan masker kain di sana. Masker kain ini disalurkan langsung kepada masyarakat di Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Nias Selatan, Nias Barat, Nias Utara, dan Nias.

Berbagai UMKM di sana dikerahkan untuk memproduksi 23.000 masker, di antaranya adalah Alva Tailor (Gunung Sitoli, Kep. Nias), UMKM Bolang Toba (Laguboti), jaringan penjahit di Kecamatan Ajibata dan Kecamatan Balige di Toba, dan Bless Konveksi di Kota Bandung, Jawa Barat.

"Penyaluran bantuan oleh Hutama Karya ini tidak akan berhenti sampai di sini. Hutama Karya akan terus menyalurkan bantuan sebagai komitmen perusahaan untuk terus hadir dalam memerangi COVID-19," ungkap Fauzan.

Sebagai informasi selama tahun 2020, Hutama Karya telah mengelola sebanyak 8 UMKM sebagai mitra binaan di luar mitra subkon proyek yang digarap oleh perusahaan. Salah satu mitra binaan Hutama Karya, Mustopa dengan usahanya "Media Damar Madani" mengaku sangat terbantu oleh bantuan yang diberikan.

"Kami berterima kasih kepada Hutama Karya yang peduli terhadap mitra binaannya. Selama COVID-19 ini, kami mendapat pesanan khusus dari Hutama Karya untuk pengadaan ratusan Alat Pelindung Diri (APD), masker medis, dan masker kain. Ini memberikan kesempatan bagi kami untuk tetap dapat mengembangkan usaha walaupun sedang dalam kondisi kekurangan daya beli dari masyarakat," katanya sangat gembira.




tag: #hutama-karya  #corona  #masker  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Lainnya
Bisnis

Perumda Sarana Jaya Gandeng BTN untuk Penuhi Kebutuhan Hunian di Jakarta

Oleh windarto
pada hari Minggu, 05 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sarana Jaya menggandeng PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) yang dituangkan dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/ MOU) untuk ...
Bisnis

Diaspora Hong Kong Tertarik dengan Diaspora Bond

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Bertempat di Gallery BNI Hong Kong Admiralty, puluhan WNI dan Diaspora Indonesia di Hong Kong menghadiri Sosialisasi Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN) dan ...