Oleh Rihad pada hari Selasa, 30 Jun 2020 - 23:40:41 WIB
Bagikan Berita ini :

Premium dan Pertalite Pasti Dihapus, Tapi Kapan? Inilah Tahapannya

tscom_news_photo_1593535241.jpg
Suasana SPBU (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Santer diberitakan, Premium dan Pertalite secara perlahan akan diganti dengan BBM jenis lain yang ramah lingkungan. Banyak yang bertanya kapan itu akan terjadi? Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan sesuai regulasi pemerintah dan kesepakatan dunia tentang lingkungan, seluruh negara harus menjaga ambang batas emisi karbon dan polusi udara dengan standar BBM minimal RON 91 dan CN minimal 51.

Untuk itu, Indonesia akan mendorong masyarakat menggunakan BBM yang ramah lingkungan. Asal tahu saja, Premium merupakan BBM dengan RON 88, sedangkan Pertalite memiliki RON 90.

Namun, ketentuan itu dilakukan secara bertahap. Sampai saat ini, Pertamina masih menyediakan dan menyalurkan bensin Premium dan Pertalite sebagaimana penugasan Pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 Tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Dalam Rapat Kerja bersama Komisi VII DPR RI beberapa waktu lalu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif juga mengungkapkan penghapusan Premium dan Pertalite menjadi bagian dari komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi karbon. Oleh sebab itu, pemerintah akan mendorong penggunaan energi yang lebih bersih, termasuk BBM.

Saat ini Indonesia menjadi salah satu dari enam negara yang masih menggunakan BBM jenis Premium. Padahal, negara-negara maju sudah meninggalkan pemakaian BBM jenis tersebut.

Sesuai penjelasan Pertamina dalam rapat kerja bersama DPR, terdapat beberapa tahapan yang akan dilakukan untuk menghapus secara perlahan penggunaan Premium dan Pertalite itu. Intinya, Pemerintah menetapkan BBM tipe euro 4 atau setara BBM oktan 91 ke atas mulai tahun 2019 secara bertahap hingga 2021. Pengurangan penggunaan Premium akan disertai dengan edukasi dan sosialisasi untuk mendorong konsumen menggunakan BBM Ron 90 ke atas. Nantinya produk yang dijual di SPBU hanya menjadi dua varian yakni BBM RON 91/92 (Pertamax) dan BBM RON 95 (Pertamax Turbo). Dengan demikian, konsumen tidak perlu panik, karena Pertalite dan Premium tidak “hilang” dalam waktu dekat.

tag: #pt-pertamina  #premium  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Bisnis

Siapa Pegawai Yang Dapat Bansos Rp600 Ribu Per Bulan

Oleh Rihad
pada hari Saturday, 08 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengatakan, segmen karyawan yang dirumahkan dan bergaji di bawah Rp 5 juta belum ...
Bisnis

Laporan Keuangan OJK Kembali Raih Opini WTP dari BPK

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan OJK Tahun 2019. Laporan ...