Oleh Givary Apriman pada hari Selasa, 21 Jul 2020 - 20:08:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Santer Dikabarkan Gibran Akan Lawan Kotak Kosong, PDIP : Itu Demokratis

tscom_news_photo_1595335687.jpg
Andreas Hugo Pareira (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pilkada Kota Solo 2020 kemungkinan hanya akan ada calon tunggal dan berujung melawan kotak kosong.

Dinamika politik ini berpotensi akan terjadi jika semua partai politik mengusung bakal calon Wali Kota Putra Sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka.

Menanggapi hal tersebut, Politikus PDIP Andreas Hugo Pareira menilai kondisi tersebut jangan dipersoalkan karena rakyat yang menentukan pilihan.

"Toh, akhirnya rakyat juga yang putuskan. Mau pilih Gibran atau pilih kotak kosong. Tidak ada alasan juga untuk memaksa orang harus pilih Gibran," ujar Andreas, di Jakarta, Selasa (21/07/20).

Andreas mengatakan dengan memilih Gibran atau kotak kosong juga tata cara yang demokratis dalam pilkada sebab hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang Pilkada.

Andreaspun menekankan kalau masyarakat tidak perlu untuk menyudutkan Gibran lantaran statusnya sebagai putra Presiden Jokowi.

"Memilih Gibran dan kotak kosong juga merupakan prosedur pemilihan demokratis yang kita buat. Dan, kita yakini itu demokratis. Kenapa untuk kasus Gibran kita mencari alibi untuk membantahnya," katanya.

Pun, Anggota Komisi X DPR RI tersebut juga heran dengan maraknya opini Gibran maju ke pilkada maka memperkuat dinasti politik Jokowi.

Bagi dia, opini dinasti politik itu tak relevan, sebab sistem politik di Indonesia bukan seperti di Korea Utara atau Korut yang punya sistem totaliter.

"Karena dalam sistem pemilihan langsung, yang memutuskan seseorang terpilih atau tidak adalah rakyat. Dinasti hanya berlaku pada sistem monarki atau sistem totaliter sebagaimana yang dipraktikkan Korut saat ini," tandasnya.

tag: #dpr  #pdip  #gibran-rakabuming  #pilkada-2020  #solo  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Penunda Pilkada Perlu Pertimbangan Secara Matang

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 22 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi II DPR RI Bambang Patijaya menilai penundaan Pilkada 2020 bukan perkara mudah, diperlukan pertimbangan secara matang dari berbagai aspek. "Kita ...
Berita

Wasekjen Demokrat: Resesi Akibat Salah Kebijakan Jokowi Soal Pandemi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Indonesia resmi memasuki resesi, karena itu perlu solusi kongkrit yang harus dilakukan pemerintah, bukan hanya pragmatis. Demikian disampaikan Wasekjen Partai Demokrat ...