Oleh Rihad pada hari Minggu, 26 Jul 2020 - 19:29:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Renovasi Masjid Istiqlal Habiskan Rp 475 Miliar, Ada Terowongan Bawah Tanah Menuju Gereja Katedral

tscom_news_photo_1595766569.jpg
Masjid Istiqlal (Sumber foto : PUPR)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Renovasi Masjid Istiqlal yang dimulai sejak Mei akhirnya rampung. "Setelah 42 tahun berdiri, Masjid Istiqlal kini bersolek lebih megah setelah direnovasi besar-besaran oleh Kementerian PUPR dengan biaya Rp 475 miliar," ucap Jokowi dikutip dari Instagram Jokowi, Minggu (26/7).

Renovasi itu berupa penambahan plaza-plaza, pembangunan parkir bawah tanah yang sangat luas, renovasi gerbang, fasad, dinding, hingga ruang wudhu, dan interior dalam dipercantik dengan permainan lampu. Masjid Istiqlal telah rampung direnovasi untuk pertama kalinya sejak 42 tahun lalu, dimulai pada Mei 2019 dan kini siap untuk diresmikan.

Renovasi Masjid Istiqlal meliputi penataan kawasan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, Mechanical Electrical Plumbing (MEP), pekerjaan interior dan signage. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam akun Instagram resminya @kemenpupr pun mengunggah perbedaan penampilan Masjid Istiqlal pada Minggu 26 Juli 2020.

Dalam unggahannya, Kementerian PUPR menampilkan Masjid Istiqlal yang sudah direnovasi pada bagian Plaza Assalam serta Plaza Al Fattah. Pada bagian tersebut, terdapat penataan kawasan berupa perbaikan gerbang, perbaikan tepi atau tanggul sungai, perbaikan kantin dan penambahan area PKL.

Atap selasar pun turut direnovasi dengan memberikan instalasi solar panel pada atap selasar, dan perbaikan tata pencahayaan interior dan eksterior. Pada ruang utama salat direnovasi semewah mungkin agar nyaman digunakan oleh jamaah untuk melakukan ibadah.

Area wudhu pun telah direnovasi agar terlihat megah dan bersih pada bagian lantai, dinding, kusen, jendela, pintu, toilet dan kamar mandi untuk digunakan.Interior pun direnovasi dengan memperbaiki area VIP dan perkantoran pengurus masjid.

Untuk mendukung protokol kesehatan pencegahan Covid-19 akan dibangun tempat cuci tangan tambahan di beberapa tempat seperti di dekat pintu masuk dan area food stall (PKL). Sedangkan untuk Terowongan Silaturahmi bawah tanah yang akan menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral, direncanakan mulai dibangun pada akhir 2020 ini.

Kebutuhan anggaran diperkirakan untuk membangun terowongan tersebut mencapai Rp 40 miliar. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan renovasi Masjid Istiqlal ini berjalan baik, terutama pada pekerjaan lanskap dan pencahayaan. "Di dalam masjid ada tanaman Lee Kuan Yew yang sudah menjuntai panjang, beberapa waktu lalu juga sudah dicek Bapak Presiden. Lighting juga sudah kita coba tadi," ujar Menteri Basuki. Masjid Istiqlal memiliki luas area kawasan 91.629 meter persegi, tidak termasuk area sungai dan luas bangunan masjid 80.948 meter persegi yang dapat menampung 200.000 orang.


tag: #masjid-istiqlal  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...